Anggap Wikipedia Tak Berguna, Putin Bikin Situs Ensiklopedia Sendiri

Telset.id, Jakarta – Merasa Situs Wikipedia tidak bisa lagi diandalkan, Presiden Rusia, Vladimir Putin memutuskan untuk “membuang” Wikipedia dan menggantinya dengan situs buatan sendiri. Putin memerintahkan anak buahnya untuk membuat situs ensiklopedia nasional sendiri.

Juru bicara pemerintah berujar, langkah itu akan memastikan siapapun dapat menemukan informasi andal yang terus diperbarui berdasarkan sumber pengetahuan yang diverifikasi secara ilmiah.

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengusulkan untuk mengganti situs ensiklopedia online bersumber dari kerumunan orang dengan versi elektronik dari Great Russian Encyclopaedia, penerus ensiklopedia Uni Soviet.

{Baca juga: China Blokir Wikipedia, Apa Penyebabnya?}

“Bagaimanapun, portal baru milik Rusia akan menjadi informasi andal yang ditawarkan dalam bentuk modern,” jelas Putin, seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (09/12/2019).

Pada 2015, Wikipedia versi bahasa Rusia diblokir karena sebuah artikel yang berisi informasi tentang ganja. Padahal, undang-undang secara tegas melarang situs-situs memuat artikel terkait narkoba.

Tak hanya sampai di situ, Moskow juga telah memperkenalkan kontrol online yang lebih keras terkait segmen internet Rusia sehingga bisa tetap berfungsi meskipun terputus dari infrastruktur asing.

{Baca juga: Duh! Situs Tiga Maskapai Down Gara-gara Google}

“The Great Russian Encyclopaedia sudah tersedia dalam format elektronik dasar. Portal online baru tersebut akan menelan biaya sekitar USD 31 juta,” kata Sergei Kravets, seorang editor portal itu.

Pemerintah Rusia juga akan mendirikan pusat penelitian dan pendidikan nasional untuk Great Russian Encyclopaedia, resolusi yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Dmitry Medvedev. (SN/FHP)

Sumber: New York Post

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...

Teknologi Layar Baru OnePlus Bisa Ubah 30FPS Ke 120FPS

Telset.id,  Jakarta - Smartphone dengan refresh rate layar tinggi akhir-akhir ini menjadi semakin populer. Tak mau ketinggalan, OnePlus pun...
- Advertisement -