Apple Music Lebih Gesit Gaet Pelanggan Ketimbang Spotify

Telset.id, Jakarta  – Loup Ventures menyebut bahwa Apple Music lebih agresif dibanding sSpotify dalam menggaet pelanggan. Dengan kata lain, kalau tak jua bermanuver, Spotify bisa tergusur oleh Apple Music.

Dalam hal aplikasi streaming musik, Spotify masih memimpin pasar. Namun, Spotify jangan dulu bersantai. Sebab, laporan menyatakan Apple Music lebih lincah dalam mencomot pelanggan daripada Spotify.

{Baca juga: Apple Music dan Apple TV+ Dijual Paketan dengan Harga Miring?}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (6/9/2020), laporan tersebut menunjukkan bahwa tingkat konversi Apple Music untuk pelanggan adalah 2,5 kali lipat ketimbang Spotify. Lalu, Spotify kudu bagaimana?

Spotify mau tak mau melakukan penetrasi lewat tawaran program menarik kepada pengguna.  Kalau tidak, Apple jauh lebih berhasil meyakinkan pelanggan untuk ikut serta dalam program-program Apple Music.

Studi itu menemukan fakta bahwa pada Juni 2020 pertumbuhan kuartal-ke-kuartal Apple berada di angka 10 persen. Persentase tersebut ada di atas Spotify. Pertumbuhan kuartal-ke-kuartal Spotify enam persen.

Menurut Gene Munster dari Loup Ventures, konversi Apple Music yang lebih cepat didorong oleh konsumen yang menilai pengalaman terintegrasi, yang disediakan oleh kepemilikan Apple atas perangkat iOS.

Sekadar informasi, pemilik iOS lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli layanan daripada rata-rata pemilik perangkat bersistem operasi Android, yang juga berperan dalam penambahan pelanggan berbayar.

{Baca juga: Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk}

Kendati begitu, Apple Music masih cukup jauh untuk menyamai jumlah pelanggan berbayar Spotify, yang masing-masing mencapai 82 juta dan 138 juta. Basis pelanggan Spotify secara keseluruhan juga jauh lebih besar.

Sebelumnya, lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotifymenjadi layanan streaming musik terbesar dan populer dengan menguasai 35% dari total pengguna yang ada.

Dikutip dari Ubergizmo, Spotify menjadi layanan streaming musik terbesar karena memiliki 35% dari total pelanggan layanan streaming musik berbayar di seluruh dunia.

Layanan tersebut mengalahkan Apple Music yang berada di posisi kedua dengan persentase 19%, serta Amazon Music dengan total 15%. Posisi empat dan lima diisi oleh Tencent Music dan YouTube Music dengan jumlah 11% dan 6%. [SN/HBS]

 

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI