Apple Hanya Keluarkan Rp 3,3 Juta untuk Membuat iPhone 6S

JAKARTA – Semua orang sudah tahu jika Apple selalu membanderol iPhone dengan harga yang tinggi, termasuk iPhone 6s yang telah lama diluncurkan. Tapi tahukah Anda, berapa sebenarnya biaya seluruh komponen yang harus dikeluarkan Apple untuk membuat satu unit iPhone 6s?

Menurut perkiraan dari Bank of America Merrill Lynch, Apple sebenarnya hanya mengeluarkan uang USD 234 atau sekitar Rp 3,3 jutaan untuk memproduksi satu unit iPhone 6s model 64GB.

Sementara seperti diketahui, Apple membanderol harga iPhone 6s model 64GB sebesar USD 749 atau sekitar Rp 10,8 jutaan. Itu artinya, Apple mematok harga iPhone 6s model 64GB dengan harga 3x lebih mahal dibandingkan total biaya seluruh komponen yang digunakan.

Secara rinci analis dari Merrill Lynch mengungkapkan bahwa komponen pada bagian semikonduktor iPhone 6s adalah biaya yang paling mahal, yaitu USD 127 atau sekitar Rp 1,8 juta.

{Baca juga: iPhone 6s & 6s Plus Direndam Hingga 1 Jam, Tanpa Rusak!}

Komponen Murah, Harga iPhone 6S Melambung

iPhone 6s display

Komponen-komponen pada bagian semikonduktor tersebut meliputi berbagai jaringan seluler (USD 36), chipset 64-bit A9 (USD 25), sensor fingerprint, NFC dan sensor lainnya (USD 22) dan flash memory 64GB (USD 20).

Sedangkan biaya komponen lainnya, seperti layar, kamera dan baterai ditotal mencapai USD 73 atau sekitar Rp 1 juta. Selain itu ada juga biaya lain seperti chasing sebesar USD 33 atau sekitar Rp 400 ribuan.

Jika biaya komponen tersebut dijumlah secara total, maka akan didapati Apple hanya mengeluarkan uang USD 234 atau sekitar Rp 3,3 juta untuk memproduksi satu unit iPhone 6s model 64GB.

Total biaya komponen iPhone 6s juga lebih mahal ketimbang biaya komponen iPhone generasi sebelumnya, karena komponen yang digunakan iPhone lawas tidak terlalu banyak mengalami perubahan, terutama dari sisi desain.

{Baca juga: Terjual 13 Juta Unit, Duo iPhone 6s Pecahkan Rekor}

Sebagai pembanding, Apple mengeluarkan total biaya untuk membuat satu unit iPhone 6 Plus mencapai USD 222,8 atau sekitar Rp 3,2 juta. Sedangkan biaya produksi iPhone 6 mencapai USD 205,8 atau sekitar Rp 2,9 juta, dan total biaya komponen iPhone 5s hanya USD 181,7 atau sekitar Rp 2,6 juta.

Namun perlu diketahui, dengan menjual iPhone 6s model 64GB seharga USD 749, bukan berarti Apple langsung meraup keungtungan sebesar USD 515 dari hasil penjualan satu unit iPhone 6s. Karena Apple juga masih mengeluarkan komponen biaya lain untuk bisa menjual iPhone 6s ke pasaran, seperti biaya riset dan pengembangan, promosi dan distribusi.[HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -