Apple Kantongi Paten Kedap Air untuk iPhone

Apple paten waterproffJAKARTA – Jika benar menjadi kenyataan, maka harapan fans iPhone untuk mendapatkan fitur kedap air akan segera terwujud. Kemungkinan Apple menghadirkan fitur kedap air di iPhone terkuak dengan adanya paten yang memungkinkan kemampuan tersebut.

Merujuk pada keterangan dari dokumen paten yang didaftarkan Apple kepada USPTO (U.S. Patent and Trademark Office/ Lembaga paten dan merek AS) pada Juni 2014 lalu, Apple terlihat akan menerapkan fitur waterproof di perangkat mereka.

Paten tersebut menunjukkan adanya penggunaan sebuah karet pelapis khusus, yaitu “self-healing elastomer” yang terbuat dari bahan silicon yang bisa melindungi atau “menyembuhkan” diri dari elemen-elemen yang masuk ke perangkat, seperti misalnya air atau debu.

Apple paten waterproff 3

Menurut dokumen itu, elastomer akan mampu mengembalikan setidaknya 90 persen dari kemampuan asli perangkat di bagian yang terkontaminasi elemen lain seperti air.

Metode ini memberikan perlindungan pada perangkat elektronik dengan konektor tersembunyi. Apple sendiri sebenarnya memiliki hak paten untuk logicboard kedap air, yang digunakan pada Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Dengan adanya paten ini, maka kemungkinan kita akan dapat melihat iPhone generasi mendatang dilengkapi fitur kedap air. Namun untuk hadir di iPhone 7 kemungkinannya sangat kecil, karena Apple biasanya membutuhkan waktu untuk mengadopsinya di perangkat baru mereka.

Well, Apple memang bukan yang pertama menerapkan fitur waterproff, karena perangkat Android sudah lebih dulu menghadirkan fitur kedap air yang dipelopori Sony. Namun biasanya sebuah fitur akan menjadi lebih populer setelah diterapkan pada iPhone.[HBS]

Apple paten waterproff 2

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI