Google Permudah Pengembangan Aplikasi untuk ChromeOS

Pengguna Google Chrome Spyware

Telset.id, Jakarta – Google ingin mempermudah pengembangan aplikasi untuk ChromeOS. Caranya dengan meluncurkan situs baru bernama ChromeOS.dev. Raksasa teknologi ini ingin menciptakan ruang bagi pengembang baru.

Jika ada alasan kenapa platform Google ChromeOS tidak selazim Windows atau macOS, jumlah aplikasi yang terbatas mungkin adalah alasannya. Karenanya, pengguna lebih suka memakai Windows atau macOS.

Google berharap untuk mendorong perubahan dengan meluncurkan situs baru bernama ChromeOS.dev. Google berharap benar-benar bisa menciptakan ruang bagi pengembang baru maupun berpengalaman.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (13/8/2020), Google ingin mereka menemukan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membuat lebih banyak aplikasi Android untuk Chromebook.

{Baca juga: Accenture CDA, Solusi Pemasaran yang Terintegrasi dengan Google Cloud}

Menurut juru bicara Google, situs tersebut hadir untuk “membantu pengembang memaksimalkan kemampuan di platform melalui sumber daya/tutorial teknis, pengumuman produk, contoh kode, dan lain sebagainya”.

Beberapa alat baru yang ditawarkan Google mencakup emulator Android lengkap untuk ChromeOS, yang akan memudahkan pengembang dalam menguji aplikasi serta menerapkannya tanpa perlu perangkat keras tambahan.

Google sebelumnya telah mencoba memperluas fungsionalitas ChromeOS dengan membuat aplikasi Android kompatibel dengan platform. Semoga situs baru ini akan kian memudahkan pengembang baru untuk membuat aplikasi.

{Baca juga: Google akan Pisahkan Pembaruan Chrome OS dari Chrome}

Ngomong-ngomong soal ChromeOS, Google sendiri baru-baru ini dikabarkan akan memisahkan pembaruan untuk sistem operasi tersebut dengan browser atau peramban Chrome. Itu artinya, untuk mendapatkan Chrome versi terbaru, perusahaan harus merilis pembaruan baru secara terpisah.

Pembaruan sangat penting karena kelemahan keamanan, eksploitasi, dan kerentanan akan ditambal, bug diperbaiki, dan fitur baru ditambahkan. Berselancar lewat browser yang sudah ketinggalan zaman jelas rentan, bukan? [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here