4G Singapura Paling ‘Ngebut’, Indonesia Bagaimana?

Telset.id, Jakarta – Selama beberapa tahun terakhir, Korea Selatan tercatat sebagai negara yang memiliki jaringan Internet tercepat di dunia. Namun rupanya predikat itu akhirnya lepas di tahun ini, setelah berhasil direbut Singapura. Berapa kecepatan Internet di ‘Negeri Singa’ tersebut?

Menurut riset yang dilakukan oleh OpenSignal, saat ini Singapura didaulat menjadi negara yang memiliki jaringan internet tercepat di dunia, dengan kecepatan sekitar 45,62 Mbps dengan penetrasi jaringan sebesar 82,02 persen.

Sedangkan di posisi kedua ada Korea Selatan dengan kecepatan sekitar 43,46 Mbps. Namun jika berbicara penetrasi jarngan 4G, Korsel masih tercatat sebagai negara dengan jaringan 4G terluas di dunia, yang mencakup 96,38 persen.

“Untuk pengukuran kecepatan 4G memiliki beberapa faktor, seperti berapa banyak spektrum yang digunakan, teknologi yang diadopsi, hingga kepadatan trafik jaringan di suatu negara,” tulis keterangan dari OpenSignal.

Untuk daerah jangkauan sendiri, jaringan 4G Indonesia diperkirakan sudah mencapai 62,77 persen. Angka ini jauh lebih kecil dari India, yang bahkan baru beberapa waktu saja menghadirkan jaringan 4G di negara mereka.

“Studi yang kami lakukan terkait ketersediaan sinyal 4G tidak diukur berdasarkan cakupan geografis suatu negara. Kami menggunakan metode ketersediaan jaringan berdasarkan jumlah waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengakses jarungan,” jelas pihak OpenSignal.

Untuk menginduksi riset ini, OpenSignal melakukan uji coba 558.260 perangkat di 75 negara. Untuk mencapai hasil yang akurat, mereka melakukan pengujuan sekitar 19.556.514.365 kali pengukuran dalam rentang waktu Januari hingga Maret 2017.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Nah, untuk Indonesia sendiri ternyata ada di urutan ketiga dari bawah dengan rata-rata kecepatan 4G yang hanya sekitar 7,71 Mbps saja. Kecepatan ini bahkan hampir dua kali lebih lambat jika dibandingkan dengan negara tetangga kita, yakni Malaysia yang mencapai 14,35 Mbps.[NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI