1 dari 5 Orang di Finlandia Pakai Ponsel Lumia

Nokia Lumia 1320

Jakarta – Nokia memang belum bisa kembali berbicara banyak di pasar ponsel global. Namun Nokia ternyata masih cukup “bergigi” di Tanah Airnya sendiri, Finlandia.

Sejak terseok-seok di pasar ponsel dunia, Nokia hingga kini memang belum bisa mengembalikan hegemoninya seperti satu dasawarsa silam. Pabrikan ponsel asal Finlandia itu sedang berjuang keras merebut kembali pasarnya yang hilang.

Tapi Nokia sebenarnya masih bisa sedikit tersenyum, karena pasar di dalam negerinya masih cukup bagus. Hal itu dapat dilihat dari fakta yang ditunjukan Nokia lewat situs Nokia Conversation Finlandia.

Dalam laporannya tersebut, pihak Nokia mengklaim bahwa Nokia Lumia telah berhasil terjual sebanyak 1 juta unit di seluruh Finlandia. Dari sisi angka penjualan mungkin terlihat kecil dibandingkan angka penjualan yang dicatat kompetitornya seperti Samsung atau Apple.

Namun jika Anda membuat perbandingan dengan jumlah penduduk Finlandia saat ini, maka Anda akan mendapati angka market share yang dicatat Nokia terbilang bagus.

Seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Senin (3/3/2014), saat ini jumlah penduduk Finlandia tercatat sekitar 5,4 juta orang. Dengan jumlah tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa market share Nokia Lumia di Finlandia hampir mencapai angka 20%, atau sekitar 1 dari 5 orang di Finlandia menggunakan Nokia Lumia.

Meski saat ini Nokia belum bisa berbicara terlalu banyak di pasar ponsel global, namun penjualan ponsel Nokia mulai menunjukan trend pertumbuhan yang positif berkat terdongkrak oleh semakin diterimanya system operasi Windows Phone yang digunakan Nokia.

Dalam laporan terbarunya di Mobile Trends, peneliti asal Kantar menyebutkan bahwa Windows Phone sebagai sistem operasi yang paling cepat berkembang di dunia. Para analis di Kantar mengatakan perkembangan itu dimulai saat Nokia merilis Lumia 520 dan Lumia 620.

Saat itu platform besutan Microsoft ini fokus pada pesar pengguna smartohone dikelas low-end, middle-range, dan juga pengguna pemula ponsel. Laporan itu juga menyebutkan, Windows Phone  berhasil mendapatkan mantan pengguna Symbian dan mantan pengguna Android versi low-end.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI