Home HOW TO 10 Tips Merawat Baterai Smartphone Android Agar Tetap Awet

10 Tips Merawat Baterai Smartphone Android Agar Tetap Awet

Telset.id – Baterai adalah salah satu komponen penting di smartphone, sehingga kamu harus menjaga agar baterai tidak mudah mengalami kerusakan. Berikut ini 10 cara agar baterai HP awet, terutama untuk ponsel Android.

Mungkin kamu sering mengalami masalah saat memiliki smartphone Android. Salah satunya sering mengganti baterai karena kondisinya yang cepat rusak. Padahal kamu sudah membeli ponsel baterai besar hingga 6000 mAh.

{Baca juga: Tips Ubah Kamera Ponsel jadi WebCam Buat Video Conference}

Baterai yang cepat rusak tentu sangat merepotkan. Kamu harus mengeluarkan biaya ekstra karena harus melakukan perbaikan ponsel atau membeli baterai baru. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut 10 cara merawat baterai HP Android.

1. Hindari Smartphone dari Suhu yang Tinggi

Cara merawat baterai Android pertama adalah hindari ponsel kamu dari suhu yang tinggi, seperti berada di luar ruangan saat musim panas. Membiarkan ponsel pintar kamu terkena sengatan matahari langsung atau suhu ekstrem lainnya dapat merusak perangkat dan baterai.

Jadi, pastikan untuk menghindari suhu tinggi. Bahkan lepaskan penutup belakang smartphone saat mengisi daya.

2. Jangan Sering Melakukan Pengisian Daya 

Ilustrasi charger Android vs iPhone

Perilaku yang satu ini mungkin sering kamu lakukan. Dengan berbagai alasan, kamu sering melakukan pengisian daya secara berulang-ulang dengan jeda waktu yang berdekatan. Atau kamu juga sering melakukan pengisian daya namun tidak sampai penuh.

Mulai sekarang hindari kedua prilaku tersebut. Kami merekomendasikan cara agar baterai HP awet dengan mengisi daya secara penuh, sehingga baterai ponsel tidak berulang kali di-charge.

3. Matikan Fitur WiFi Otomatis

Cara membuat baterai Android tahan lama lainnya adalah mematikan fitur WiFi Otomatis. Smartphone hadir dengan fitur bawaan yang dikenal sebagai “Automatic WiFi” untuk kemudian akses internet pengguna.

Karena layanan terus berjalan di latar belakang ponsel, itu menghabiskan banyak daya baterai sehingga baterai kamu harus bekerja ekstra. Untuk merawat baterai smartphone menjadi awet, kamu harus menonaktifkan fitur ini. Berikut cara menonaktifkannya:

  • Pertama-tama, buka aplikasi “Settings
  • Selanjutnya, ketuk opsi “Network & Internet
  • Di halaman berikutnya, ketuk “WiFi
  • Geser garis biru di opsi “Turn on WiFi Automatically” ke arah kiri untuk menonaktifkan fitur tersebut.
Menonaktifkan fitur Automatic WiFi
  • Kini fitur Automatic WiFi telah nonaktif dan baterai bisa lebih awet.

4. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Perlu 

Smartphone Android menawarkan banyak fitur-fitur pendukung seperti GPS, Bluetooth, NFC dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut mungkin sangat berguna, tetapi jika tidak sedang digunakan kamu disarankan untuk menonaktifkannya.

Sebagai cara agar baterai Android awet, kamu disarankan untuk menonaktifkan fitur-fitur tersebut jika tidak digunakan. Alasannya karena selama fitur masih aktif maka baterai bisa cepat boros dan jika dibiarkan maka dapat merusak baterai.

5. Kurangi Bermain Main Game Berat 

Cara membuat baterai HP awet ini juga penting dilakukan. Seperti kita tahu bahwa bermain game khususnya game berat seperti game battle royale atau game balap mobil memang mengasyikan.

Sayangnya game-game tersebut membutuhkan banyak sumber daya. Baterai ponsel menjadi cepat boros dan berpotensi mengalami kerusakan.

Menjalankan game berat untuk durasi yang lebih lama dapat menguras baterai  dan juga akan menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas. Karena itu, jika kamu suka bermain game di perangkat Android, pastikan untuk tidak bermain game terlalu lama.

6. Perbarui Aplikasi di Smartphone

Sebagian besar dari kita mengabaikan memperbarui aplikasi. Padahal pembaruan aplikasi bisa jadi cara merawat baterai Android karena dapat mematikan bug yang sering menghabiskan banyak daya.

{Baca juga: 4 Tips Jitu Menghemat Baterai Samsung Galaxy M02, Anti Lowbat!}

Jangan abaikan pembaruan aplikasi karena dapat membantu kamu menghindari bug dan masalah lain yang terkait dengan smartphone dan baterai kamu. Untuk memperbarui aplikasi di Android, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama-tama, buka Google Play Store dan ketuk gambar atau profil kamu
  • Selanjutnya, ketuk opsi “My Apps & Games
  • Di halaman berikutnya, kamu akan menemukan semua pembaruan aplikasi yang tertunda
  • Ketuk tombol “Update All” untuk memperbarui semua aplikasi dalam satu ketukan
Memperbarui aplikasi di smartphone
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa semua aplikasi telah diperbarui.

7. Sesuaikan Animation Scale 

Tips ini tidak hanya berfungsi untuk membuat baterai smartphone awet. Cara ini juga dapat meningkatkan cadangan baterai Android tanpa aplikasi apa pun. Metode penyesuaian skala animasi ini akan bekerja di hampir semua ponsel Android. Berikut ini cara membuat baterai Android tahan lama dengan penyesuaian Animation Scale:

  • Buka Settings di perangkat Android kamu lalu usap layar ke bawah dan klik About Phone. Sekarang kamu akan melihat opsi nomor build di sana. Ketuk 7-10 Kali pada nomor build, dan kamu melihat developer options akan diaktifkan
Muncul notifikasi bahwa mengenai developer options
  • Kembali ke menu Settings dan kamu akan menemukan developer options yang berada di bagian bawah
Developer options
  • Anda akan melihat opsi Window Animation ScaleTransition Animation Scale, dan Animation Duration Scale. Sekarang Secara default, nilainya adalah 1.0. Untuk menghemat baterai setel ke 0,5 atau matikan semuanya.
Mengganti Animation Scale atau Skala Animasi
  • Setelah itu baterai ponsel bisa lebih awet. Bahkan tips ini dapat meningkatkan cadangan baterai Android kamu hingga 30-40%.

8. Gunakan Aplikasi Greenify

Cara agar baterai HP awet selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan Greenify. Aplikasi ini mampu menghibernasi aplikasi yang tidak digunakan sehingga baterai lebih awet. Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

{Baca juga: Tips Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak, Bisa Sendiri}

  • Unduh dan Instal aplikasi Greenify di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan berikan Superuser Access. Sekarang kamu akan melihat 3 opsi di aplikasi. Kamu harus mengklik ikon hibernasi yang terletak di bagian bawah
Unduh aplikasi Greenify
  • Kamu akan diminta untuk mengaktifkan aplikasi Greenify sebagai layanan default Anda. Pilih dan nyalakan aplikasi ini. Sekarang, aplikasi ini telah aktif dan secara otomatis hibernasi aplikasi saat tidak digunakan.
aktifkan aplikasi Greenify

Sebagai catatan aplikasi ini hanya bisa diakses oleh smartphone Android yang telah dirooting. Bagi yang belum rooting Android, maka kamu tidak bisa menggunakan tips ini dan silakan gunakan tips lainnya.

9. Menggunakan aplikasi Servicely

Aplikasi ini mirip dengan Greenify. Bedanya Servicely tidak menghibernasi aplikasi apa pun, tetapi hanya menghilangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

  • Unduh aplikasi Servicely di Google Play Store. Setelah itu berikan permintaan Superuser Access
  • Selanjutnya kamu perlu menemukan dan mengetuk opsi Add a new app to the Hit-list
Menggunakan aplikasi Servicely
  •  Sekarang buka tab “Hit-List” dan lihat semua aplikasi yang baru saja kamu tambahkan
Aplikasi Servicely
  • Anda juga dapat mengatur periode interval waktu antara pemeriksaan seperti periode inverval 60 detik
Mengatur interval pemeriksaan di aplikasi Servicely
  • Sekarang, aplikasi ini akan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang dan akan memeriksa sesuai dengan interval waktu yang kamu tetapkan. Pada akhirnya aplikasi ini akan mampu meningkatkan masa pakai baterai Anda.

Sebagai catatan aplikasi ini juga hanya bisa diakses oleh smartphone Android yang telah dirooting. Bagi yang belum rooting Android, maka kamu tidak bisa menggunakan tips ini dan silakan gunakan yang sudah ditulis sebelumnya.

10. Mengurangi Mode Getar 

Setiap smartphone memiliki motor kecil yang dikenal sebagai ERM. Motor kecil ERM ini yang sering memberikan efek getar saat kamu sedang menyentuh keyboard atau layar smartphone.

Untuk menghemat baterai disarankan untuk menonaktifkan mode getar ini. Cara menonaktifkannya adalah dengan buka Settings, lalu pilih Sound untuk menonaktifkan mode getar tersebut.

{Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja PC dan Laptop Windows 10}

Demikian informasi mengenai 10 tips untuk merawat baterai supaya awet. Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar tips dan tutorial teknologi lainnya, kamu bisa mengunjungi kanal Telset How To.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version