Tips Hemat Baterai Smartphone, Main Game Bisa Seharian!

Telset.id – Main game jadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan di bulan ramadan, terlebih saat wabah virus corona seperti sekarang ini. Biar makin betah main berlama-lama, kami akan membagikan tips hemat baterai smartphone.

Sebal pasti rasanya jika harus sering-sering nge-cas saat sedang asik bermain game. Apalagi kapasitas baterai smartphone tidak terlalu besar, jadi bakal cepat lebih habis.

Biar bisa main game lebih lama, perlu beberapa trik yang harus dilakukan. Tips dan trik tersebut berguna untuk memaksimalkan kinerja dari baterai ponsel agar bisa lebih hemat.

{Baca Juga: Bebas Blokir, Cara Nonton Netflix di Telkomsel dan IndiHome}

Nah, kali ini kami akan membagikan tips hemat baterai smartphone biar sanggup diajak main game seharian. Penasaran gimana caranya? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini:

Tutup Semua Aplikasi

Sebelum mulai bermain game, tutup aplikasi yang sedang Anda buka. Ini bertujuan agar sumber daya smartphone terfokus pada game yang sedang Anda mainkan.

Dengan kinerja yang berfokus pada satu game yang dibuka, konsumsi baterai dan data internet juga menjadi lebih hemat lagi. Pastinya Anda akan bisa bermain dengan lebih lama lagi.

Turunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga penting untuk membuat baterai smartphone Anda lebih hemat saat digunakan bermain game. Semakin cerah layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras.

Atur cahaya dari layar agar tidak terlalu terang, tetapi juga tidak terlalu gelap. Jika terlalu gelap, Anda juga pastinya akan susah melihat dalam game.

Dengan menurunkan tingkat kecerahan layar, Anda bisa menyiasatinya dengan cara bermain di tempat dengan kondisi cahaya yang terang. Jangan bermain di tempat yang redup atau bahkan gelap.

Aktifkan Flight Mode

Untuk tips hemat baterai smartphone satu ini, Anda diharuskan bermain dengan menggunakan jaringan WiFi. Dengan mengaktifkan flight mode, jaringan selular akan mati. Anda tidak akan menerima SMS masuk atau telepon.

{Baca Juga: Cara Belanja Sembako di GoFood, Praktis #DiRumahAja}

Cara ini akan menghemat penggunaan baterai karena smartphone tidak akan mencari sinyal seluler yang mungkin saja naik turun. Pasalnya, jika sinyal seluler lemah, smartphone akan berusaha keras mencari sinyal terbaik, yang mana berimbas pada baterai yang jadi lebih boros.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara selanjutnya agar Anda bisa bermain game lebih lama adalah dengan mengaktifkan mode hemat bateri atau dikenal juga dengan mode Power Saving. Kebanyakan smartphone sudah memiliki fitur ini.

Dengan mode hemat baterai ini, smartphone akan berfokus pada aplikasi yang sedang dibuka. Sehingga daya baterai tidak habis untuk aplikasi yang tidak diperlukan pengguna.

Turunkan Grafik Game

Langkah terakhir untuk bisa menghemat baterai saat sedang bermain game adalah dengan mengatur grafis game ke posisi Low.

Memang, dengan mengatur grafis ke setting-an tertinggi atau high, akan membuat tampilan dari game lebih memanjakan mata. Tapi ini juga akan menyedot daya dari baterai lebih besar.

{Baca Juga: Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah}

Jika pengaturan grafik low terlalu mengganggu, Anda bisa coba ke medium. Jadi, Anda akan bisa lebih hemat baterai dan bermain dalam waktu yang lebih lama.

Nah, itu dia tips hemat baterai smartphone agar bisa bermain game lebih lama. Dengan ini Anda tidak perlu keseringan ngecas baterai smartphone lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here