telset

Tips Biar Mata Tidak Cepat Lelah di Depan Layar

Telset.id, Jakarta – Di era teknologi digital seperti sekarang ini, hampir semua pekerjaan dilakukan di depan layar monitor komputer. Mulai dari mengetik dokumen hingga menyusun keuangan dan kegiatan lainnya dilakukan menggunakan komputer atau ponsel pintar.

Situasi itu memang tak dapat dihindari, karena tuntutan pekejaan. Akibatnya, banyak orang yang setiap hari harus menatap layar monitor komputer selama berjam-jam. Hal itu sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan mata, karena mata Anda menjadi cepat lelah.

[Baca juga: Ratusan Ribu Aplikasi Tak Bisa Berjalan di iOS 11]

Nah, untuk menghindari hal tersebut, tim Telset.id punya tips untuk Anda. Berikut ini tips  melindungi mata agar tidak terlalu cepat lelah di depan layar:

1. Pastikan Berada di Posisi yang Tepat

Posisi merupakan hal yang paling krusial dalam melindungi cepatnya mata dalam menatap layar. America Optometric Association menyebutkan, ada kriteria khusus dalam menatap layar untuk membuat mata lebih lama untuk menatap layar.

Para ahli menyarankan, cara yang tepat untuk menatap layar adalah dengan sedikit melihatnya ke arah bawah. Ini berarti monitor harus berada di bawah mata, dengan sudut kemiringan 15 hingga 25 derajat.

Selain itu, jarak dari mata ke monitor juga haruslah tepat. Disarankan jarak layar berada 50 hingga 70 cm dari mata Anda.

2. Istirahat Secara Berkala

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah mengistirahatkan mata. Tidak perlu lama-lama, Anda hanya harus memalingkan mata dari layar sekitar 20 menit sekali, dengan masa istirahat selama 1 menit.

Disarankan juga, dalam jangka waktu ini, Anda melihat sesuatu yang berwarna hijau, seperti daun dan lainnya. Hal ini dikarenakan warna hijau membantu membuat mata lebih rileks.

[Baca juga: Analis: Penjualan iPhone 8 Tak akan Sesuai Ekspektasi]

3. Gunakan Perlindungan Terhadap Cahaya Layar

Selain melakukan dua hal diatas, menggunakan perangkat perlindungan cahaya seperti kacamata khusus layar juga merupakan solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk melindungi mata dari kelelahan.

Selain itu, aplikasi yang memfilter cahaya biru juga bisa di pasang di perangkat Anda. Kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk membuat mata lebih nyaman saat menatap layar. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0