Tips Aman Terhindar dari Phishing Piala Dunia 2022

Telset.id, Jakarta – Kaspersky mengingatkan kepada penikmat sepak bola, terkait bahaya phishing Piala Dunia 2022. Perusahaan keamanan siber itu juga memberikan sejumlah tips aman agar terhindar dari kejahatan siber tersebut.

Piala Dunia 202 akan digelar di Qatar pada 20 November 2022 sampai 18 Desember 2022. Selama hampir sebulan, semua masyarakat dunia khususnya yang menyukai sepak bola akan mengalihkan perhatiannya ke pesta olahraga terbesar itu.

Sayangnya, antusiasme pecinta sepak bole ini dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk berbuat jahat, berupa phishing. Menurut Kaspersky, acara olahraga besar selalu menarik perhatian penjahat dunia maya.

BACA JUGA:

Dengan Piala Dunia 2022 ini, penipu mencoba untuk mendapatkan keuntungan paling banyak dari situasi tersebut dengan berbagai cara. Misalnya menjual secara online tiket palsu untuk menonton pertandingan di stadion.

Kemudian, ada juga yang situs phishing yang menjual merchandise serta kuis berhadiah aset NFT. Namun, semua itu hanyalah tipu daya belaka karena pelaku phishing hanya ingin mengambil data korban.

BACA JUGA:

“Kami mendorong pengguna untuk berhati-hati ketika mereka menerima penawaran yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan selalu memeriksa keabsahan pesan yang mereka terima,” kata pakar keamanan di Kaspersky, Olga Svistunova.

Tips Aman Terhindar dari Phishing Piala Dunia 2022

Phishing Piala Dunia 2022

Kaspersky memberikan sejumlah tips, yang bisa dipakai agar terhindar dari phishing Piala Dunia 2022. Beberapa tips ini bisa Anda terapkan, supaya tidak menjadi korban kejahatan siber tersebut.

  • Lebih aman untuk memeriksa tautan sebelum mengklik. Arahkan kursor ke atasnya untuk mempratinjau URL, dan cari kesalahan eja atau penyimpangan lainnya. Pasalnya kalau situs phishing sering mengalami kesalahan ejaan di penulisan URL.
  • Apabila menerima email dari akun yang tidak dikenal, lebih baik tidak mengikuti tautan dari email sama sekali.
  • Pertimbangkan jenis informasi apa yang diminta. Perusahaan yang sah tidak menghubungi Anda secara tiba-tiba melalui email, dan meminta informasi pribadi seperti detail perbankan atau kartu kredit, nomor jaminan sosial dan lainnya.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Pemeriksa tata bahasa dan ejaan atau grammar spelling adalah cara efektif untuk mengidentifikasi scammer. Kesalahan ketik dan tata bahasa yang buruk isyarat kalau situs tersebut bukan merupakan situs resmi dan legal.

BACA JUGA: 

Berbagai tips ini bisa menjadi panduan agar Anda bisa terhindar dari kejahatan siber phishing, serta bisa menikmati pesta olahraga Piala Dunia 2022 dengan lebih aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0