Awas! Banyak Situs Phishing Jual iPhone 14, Begini Modusnya

Telset.id, Jakarta – Antusiasme konsumen dunia atas iPhone 14 dimanfaatkan oleh para hacker. Mereka sengaja membuat situs phishing yang menjual iPhone 14 padahal yang dipakai untuk mencuri uang dan data pribadi pembeli.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (6/9/2022), Apple telah mengonfirmasi bahwa iPhone 14 akan diumumkan ke publik pada tanggal 7 September 2022.

Namun, menjelang peluncuran peneliti siber Kaspersky justru menemukan fenomena yang mengerikan. Kaspersky telah menemukan ribuan contoh situs atau halaman phishing yang menawarkan pembelian iPhone 14.

Padahal sebenarnya situs itu dirancang untuk mengosongkan rekening bank korban dan mencuri akun Apple ID pengguna. Jumlah situs yang ditemukan tergolong banyak.

Sejak tanggal 10 Agustus 2022 sampai dengan 25 Agustus 2022, Kaspersky mendeteksi lebih dari 8.700 situs phishing terkait iPhone terbaru.

Adapun pola phishing yang dilakukan pertama-tama, peretas akan membuat halaman toko palsu yang menawarkan pre-order iPhone 14. Mereka membuat halaman situs, menyerupai situs e-commerce, serta menawarkan harga diskon supaya konsumen lebih tertarik.

Situs Phishing iPhone 14
Halaman phishing dalam bahasa Vietnam, tempat penyerang menawarkan pengguna untuk pemesanan awal iPhone 14 Pro Max dengan diskon (Sumber Foto: Kaspersky)

Lalu karena foto resmi iPhone 14 belum muncul, maka peretas mengakalinya dengan  foto iPhone model ponsel lama untuk menarik perhatian pengguna.

Berikutnya, usai korban memasukkan data rekening bank mereka untuk melakukan pembayaran, dana akan didebet dari rekening tersebut. Sayangnya ketika uang sudah ditransfer korban tidak akan menerima pesanan.

Selain mengambil uang korban, peretas juga mendapatkan akses ke Apple ID, email korban dan kata sandi masuk, serta informasi kontak dan pembayaran.

Mereka juga dapat mengakses iCloud korban, tempat menyimpan foto pribadi, pindaian dokumen, dan lainnya. Foto-foto ini nantinya dapat digunakan oleh penyerang untuk pencurian identitas atau bahkan pemerasan.

“Pengguna harus selalu sangat berhati-hati dan tidak memasukkan data pribadi mereka di halaman yang mencurigakan, untuk menghindari menjadi korban penjahat dunia maya,” kata pakar keamanan Kaspersky, Olga Svistunova.

BACA JUGA:

Tips Terhindar dari Penipuan iPhone 14 

Phishing Situs iPhone 14

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan, agar terhindar dari penipuan iPhone 14 yang beredar di internet. Berikut ini tips agar tidak kena phishing bermodus pembelian iPhone 14 ala Kaspersky:

  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi, dan hanya gunakan halaman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh konten. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
  • Lebih baik tidak mengikuti tautan dari email sama sekali. Sebagai gantinya, Anda dapat
    membuka tab atau jendela baru dan memasukkan URL bank atau tujuan lainnya secara
    manual.
  • Hindari masuk ke perbankan online dan layanan serupa melalui jaringan Wi-Fi publik. Hotspot memang nyaman, tetapi lebih baik menggunakan jaringan yang aman. Jaringan terbuka dapat dibuat oleh pelaku kejahatan siber yang, antara lain, memalsukan alamat situs web melalui koneksi dan dengan demikian mengarahkan Anda ke halaman palsu.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang
    mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.

BACA JUGA:

Kejahatan siber bisa mengintai siapa saja. Jadi pastikan untuk bisa mengakses internet dengan bijak, dan tetap mengutamakan keamanan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0