Sony Masih Dihantui Masalah Overheat

Telset.id, Jakarta – Masalah panas berlebih atau overheat rupanya masih menjadi momok bagi Sony.  Setelah sebelumnya masalah overheat dikeluhkan pengguna Xperia Z3+, kini seorang pengguna Xperia X melaporkan masalah serupa (overheat).

Tentu Anda masih ingat saat Sony dibuat kerepotan saat banyak penggunanya yang mengeluhkan masalah overheat di smartphone Xperia Z3+. Saat itu biang kerok masalah memang ditimpakan pada chipset Snapdragon 810, yang digunakan Xperia Z3+.

Namun ternyata masalah panas berlebih ini belum sepenuhnya bisa diatasi Sony, meski chipset yang digunakan berbeda. Kali ini pengguna mengeluhkan masalah overheat pada smartphone seri Xperia X saat digunakan untuk merekam video.

Perlu diketahui, seri Xperia X merupakan penerus Xperia Z series yang telah dipensiunkan. Sony Xperia X sendiri adalah smartphone kelas mid-range yang menggunakan chipset 6-core Snapdragon 650, bukan chipset Snapdragon 810 seperti yang digunakan Xperia Z3+.

Chipset Snapdragon 650 merupakan chipset kelas menengah dari Qualcomm yang menggunakan arsitektur bug.LITTLE dan dikombinasikan dengan prosesor dual-core 1.8GHz Cortex-A72 dan 1.4GHz quad-core Cortex-A53. Sementara untuk fitur kamera utama, Xperia X menggunakan sensor 23 MP.

Menurut pengguna, Xperia X yang dia gunakan mengalami overheat saat sedang dipakai untuk merekam video 1080p pada 60fps. Akibatnya, fitur kamera utama Xperia X tiba-tiba tidak berfungsi saat rekaman video sedang berlangsung hanya beberapa menit.

Saat diperiksa dengan alat pengukur suhu, temperatur Sony Xperia X mencapai 41°C. Masih belum diketahui apa penyebab suhu di smartphone tersebut tiba-tiba sangat panas saat digunakan merekam video.

Pihak Sony sendiri masih belum memberikan tanggapan atas keluhan dari penggunanya ini. Sementara para pengguna berharap bisa secepatnya memberikan update firmware untuk mengatasi masalah panas berlebih tersebut.[HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -