Demi Pelanggan, Tri Amankan Jalur Mudik

Telset.id, Jakarta – Sama seperti operator seluler lainnya, Hutchison 3 Indonesia juga telah melakukan beberapa persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Persiapan yang dilakukan dari sisi jaringan adalah dengan melakukan peningkatan kualitas jaringan. Sementara dari sisi layanan, Tri menyatakan telah menyiapkan program-program menarik selama bulan Ramadhan.

Sama seperti tahun sebelumnya, Tri memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik di semua layanan pada Lebaran tahun ini. Akses data akan meningkat sekitar 20%, SMS 10% dan layanan suara atau telepon naik sekitar 15%.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggannya, Tri melakukan peningkatan pemeliharaan selama 24 jam 7 hari, dan juga pengawasan atas kualitas jaringan selama bulan Ramadhan, Idul Fitri dan musim liburan.

“Jaringan komunikasi kami mulai dari data hingga telepon dan SMS siap untuk memastikan kenyamanan pelanggan kami untuk tetap terhubung selama mereka melakukan perjalanan,” kata Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri, dalam keterangan pers, Minggu (5/6/2016).

Tri mengklaim telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi baik di musim liburan, bulan Ramadhan, menjelang Idul Fitri hingga pada hari H perayaan hari besar umat muslim ini.

Meskipun saat ini Tri hanya menggunakan 10 MHz di spektrum 2.100 MhHdan 5 MHz di 1.800 MHz untuk menunjang lalu lintas Data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data hingga 40% hingga 50%.

“Saat ini, Tri menampung data trafik kedua terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1.500 Terabyte per hari,” ujar Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri, dalam keterangan pers, Minggu (5/6/2016).

Ia menyebutkan, Tri telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantai utara (Pantura), jalur selatan dan jalur penghubung lainnya, yang selama ini menjadi jalur utama pemudik.

Tri juga mengantisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik dengan meningkatkan kapasitas di titik keramaian dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api, tujuan wisata.

Semua persiapan itu didukung oleh penambahan mobile BTS di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa, dimana saat ini jaringan Tri diperkuat oleh hampir 40.000 BTS, 18.169 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G, yang tersebar dari Aceh hingga Manado di 2.820 kecamatan.

Paket Ramadhan

Selain menyiagakan jaringannya, Tri juga menyiapkan program khusus Ramadhan. Ada tiga paket program yang disiapkan sepanjang bulan Ramadhan 2016. Mulai dari fitur bebas bicara ke semua operator, paket Movie Max tanpa batas kuota, dan konten Islami yang memberikan beragam bonus.

Paket Bebas Bicara diberikan agara memudahkan pelanggan Tri telepon ke semua operator dengan tarif tunggal. Pelanggan bisa memilih paket Rp 2.500 menelepon 15 menit selama 24 jam, paket Rp 5.000 menelepon 40 menit selama tujuh hari, Rp 15.000 untuk menelepon 120 menit selama 30 hari, dan Rp 30.000 untuk menelepon 250 menit selama 30 hari.

Paket kedua adalah Movie Max, yang disiapkan untuk menunggu waktu sahur. Program ini menawarkan paket Internet unlimited tanpa fair usage policy (FUP) yang bisa dipakai untuk streaming video. Akses streaming video tanpa batas kuota ini bisa dinikmati mulai pukul 00.00 hingga 06.00.

Dan paket terkahir adalah konten-konten islami yang bisa diakses melalui ponsel dengan mengetik *786#. Dengan paket ini, pelanggan Tri bisa mendapatkan konten-konten seperti aplikasi My Qur’anku, Moslem Daily, tutorial cara memakai hijab yang benar, info Ramadhan, dan panduan-panduan lainnya. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -