WhatsApp Sekarang Bisa “Hapus Pesan Sendiri” Otomatis

Pesan WhatsApp terhapus

Telset.id, Jakarta  – WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur pesan yang bisa “terhapus sendiri”. Fitur yang diberi nama Disappearing Messages atau pesan menghilang ini jika diaktifkan, pesan akan dihapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Meskipun smartphone sudah terenkripsi guna mencegah orang membuka kunci layar, tidak berarti bahwa semua konten di dalamnya akan 100 persen aman. Keamanan tambahan pun dibutuhkan untuk melindungi data-data.

Kabar baiknya, seperti dilansir Ubergizmo, WhatsApp telah meluncurkan fitur pesan yang “merusak diri sendiri” bernama Disappearing Messages. Jika fitur diaktifkan, pesan akan dihapus secara otomatis setelah tujuh hari.

Kendati demikian, penghapusan hanya memengaruhi pesan yang dikirim setelah fitur tersebut diaktifkan. Dengan kata lain, pesan sebelumnya masih aman. Jadi, Anda masih menyimpan riwayat obrolan lama di WhatsApp.

{Baca juga: Hapus Foto di WhatsApp Makin Gampang, Memori HP jadi Lega}

Meski begitu, dikutip Telset, Rabu (4/11/2020), WhatsApp menyatakan ada batasan tertentu untuk mengaktifkan fitur itu. Sebagai permulaan, semua pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut agar benar-benar dapat berfungsi.

Apabila orang A telah mengaktifkannya tetapi orang B tidak, maka fitur Disappearing Messages tidak akan berfungsi. Selain itu, WhatsApp memperingatkan bahwa mungkin ada kasus di mana pesan yang hilang tidak dihapus.

Sebagai misal ketika pesan ditampilkan dalam pratinjau tanpa pengawasan dalam pemberitahuan, bilamana dikutip atau diteruskan ke obrolan lain, fitur Disappearing Messages tidak diaktifkan di akun WhatsApp milik Anda.

Sebelumnya, WhatsApp telah memperkenalkan solusi via update atau pembaruan ke aplikasi dalam bentuk alat manajemen penyimpanan.

{Baca juga: WhatsApp Tambahkan Fitur Face Unlock Jadi Lebih Aman}

Alat tersebut akan membantu pengguna menemukan dan mengelompokkan data-data besar seperti foto dan video yang mungkin telah di-forward beberapa kali. Alat itu akan mencantumkan data secara berurutan.

Urutan diatur berdasarkan ukuran data sehingga pengguna dapat memilih secara massal dan menghapusnya sekaligus. Cara tersebut jauh lebih efisien daripada menghapus lewat obrolan WhatsApp satu per satu.

Pembaruan WhatsApp seharusnya sudah dapat ditemukan di menu Settings. Kalau perangkat Anda dibanjiri foto dan video,  alat baru WhatsApp semoga akan memudahkan Anda untuk membersihkan semuanya. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here