20 Kode Rahasia di Android dan iPhone, Wajib Tahu!

Kode Rahasia Android iPhone
Kode Rahasia Android dan iPhone

Telset.id – Tahukah Anda bahwa ada kode rahasia di smartphone Android dan iPhone? Kode rahasia ini berguna untuk mengakses fitur tersembunyi, seperti mengecek nomor IMEI, melakukan factory reset, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur tersembunyi tersebut bisa diakses dengan memasukkan kode rahasia pada menu dial atau cara yang sama saat melakukan panggilan telepon di smartphone Android.

Buat Anda yang belum tahu, berikut ini kami telah merangkum berbagai kode rahasia yang ada di Android dan iPhone. Check this out!

Kode Rahasia Android

Kode Rahasia Android
Kode Rahasia Android

Kode rahasia ini bisa diakses oleh beragam merek smartphone Android, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan lain sebagainya. Berikut ini adalah daftar kode rahasia yang bisa Anda coba beserta fungsinya.

1. *#06# (Cek Nomor IMEI)

Kode ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan nomor IMEI. Kode ini berguna jika Anda ingin membeli smartphone. Pastikan HP Android Anda memiliki nomor IMEI. Jika tidak, sudah pasti smartphone tersebut bakal bermasalah.

2. *#*#7594#*#* (Mematikan Smartphone)

Kemudian kode satu ini bisa Anda masukkan saat ingin mematikan smartphone. Tanpa perlu menekan tombol power, saat memasukkan kode ini maka HP Android akan dimatikan.

{Baca Juga: 17 Manfaat Mode Pengembang pada Android, Apa Saja?}

3. *#*#4636#*#* (Cek Informasi dan Statistik Penggunaan)

Kode rahasia di Android berikutnya berguna bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan mengenai informasi dan statistik pengguna. Seperti informasi ponsel, baterai, statistik pengguna, dan informasi WiFi.

4. *#*#34971539#*#* (Cek Kamera)

Kode rahasia berikut ini bisa digunakan bagi pengguna Android yang ingin mengecek kondisi dan juga kualitas kamera di smartphone mereka.

5. *#*#2664#*#* (Cek Respon Layar)

Selanjutnya, kode ini bisa digunakan untuk mengecek apakah layar smartphone Android yang bermasalah. Setelah masuk ke mode ini, tekan semua sisi layar smartphone. Jika ada bagian yang tidak merespon sentuhan, dipastikan bagian tersebut bermasalah.

{Baca juga: Cara Aman Menghapus Data HP Android Sebelum Dijual}

6. *#*#0*#*#*  (Cek Warna Layar LCD)

Setelah mengecek respon layar, Anda juga bisa langsung mengecek warna dan detail pada layar smartphone Anda dengan memasukkan kode satu ini.

7. *#*#0673#*#* atau ##0289## (Cek Suara)

Apabila Anda merasa audio di ponsel pintar tidak menyemburkan suara secara optimal, Anda bisa melakukan pengecekan lebih jelas dengan memasukkan kode rahasia Android berikut ini.

8. *#*#232331#*#* (Cek Bluetooth)

Dengan memasukkan kode ini, Anda bisa melakukan pengecekan pada koneksi Bluetooth di smartphone Anda. Jika ada masalah biasanya akan terlihat setelah melakukan pengecekan ini.

9. *#*#232339#*#* (Cek Wi-Fi)

Berikutnya, kode yang bisa dilakukan untuk mengecek WiFi. Kode ini juga berguna untuk mengetes fungsi dari WiFi sebuah HP Android.

{Baca juga: Cara Cek Jenis Prosesor di HP Android, Dijamin Gampang!}

9. *#*#1472365#*#* (Cek Kualitas GPS)

Kode berikut ini bisa Anda gunakan untuk mengecek kualitas sinyal dari GPS. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh informasi lain terkait dengan GPS di smartphone Anda.

10. *#*#197328640#*#*  (Cek Operator dan Internet)

Kode ini digunakan untuk mengetahui jaringan dan operator apa yang tengah Anda gunakan saat ini.

11. *#*#0842#*#* (Cek Getar dan Flashlight)

Jika mendapati flashlight dan vibrate di ponsel  mengalami masalah, Anda bisa mencoba memasukkan kode ini untuk melakukan pengetesan untuk mendapat hasil yang lebih jelas.

12. *#12580*369# (Cek Software dan Hardware)

Daripada ribet browsing dan mencari di banyak situs, Anda bisa langsung melakukan pengecekan terkait hardware dan software yang digunakan smartphone Android Anda dengan menggunakan kode rahasia berikut ini.

{Baca juga: Cara Merekam Layar Saat Main Game di HP Android}

13. *2767*3855# (Wipe Data)

Kode satu ini berguna bagi Anda yang ingin melakukan wipe data, atau menghapus semua data yang ada di perangkat smartphone Android.

14. *#*#7780#*#* (Factory Reset)

Kode rahasia terakhir untuk Android, kode ini digunakan untuk menghapus semua data dan aplikasi yang ada di smartphone, kemudian mengembalikan pengaturan ke settingan awal atau settingan pabrik.

Kode Rahasia iPhone

Kode Rahasia iPhone
Kode Rahasia iPhone

Tidak cuma Android, perangkat iPhone juga memiliki kode rahasia yang bisa digunakan oleh pengguna. Berikut ini beberapa kode rahasia di iPhone:

1. *#06# (Cek IMEI)

Kode rahasia yang satu ini bisa digunakan untuk mengecek nomor IMEI yang ada di perangkat iPhone. Pastikan ada nomor IMEI yang tercatat di smartphone Anda agar tidak bermasalah ke depannya.

2. *3001#12345# (Cek Sinyal)

Dengan memasukkan kode ini, perangkat iPhone akan masuk ke mode field test yang menampilkan informasi tentang sinyal. Selain itu kode ini juga dapat mengecek akurasi penerimaan.

3. *3370# (Meningkatkan Sinyal)

Kode ini berguna untuk mengaktifkan mode Enhanced Full Rate (EFR). Dengan mengaktifkan mode ini, maka sinyal penerimaan dari iPhone bakal lebih keras. Tetapi imbasnya baterai juga menjadi lebih boros.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

4. *43# (Mengaktifkan Panggilan Tunggu)

Selanjutnya, kode ini bisa digunakan untuk mengaktifkan panggilan tunggu pada perangkat iPhone.

5. #43# (Menonaktifkan Panggilan Tunggu)

Jika Anda sudah mengaktifkan panggilan tunggu, dengan menggunakan kode ini Anda dapat menonaktifkan panggilan tunggu yang sebelumnya tengah aktif.

6. *67 ditambah nomor telepon tujuan (Membuat Panggilan Anonim)

Gunakan kode rahasia ini untuk membuat panggilan anonim dengan menggunakan iPhone. Tambahkan kode ini di bagian depan, kemudian diteruskan dengan nomor telepon tujuan.

So, itu dia tadi daftar kode rahasia yang ada di Android dan iPhone. Semoga bisa berguna untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil, sob! (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here