6 Posisi Terbaik Router WiFi Biar Sinyal Internet Lebih Kencang

Telset.id, Jakarta – Berlangganan paket internet yang mahal tidak menjamin kita untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang bagus. Salah satu faktor penting untuk bisa mendapatkan sinyal internet yang kencang adalah posisi router Wifi benar.

Seperti diketahui, untuk sinyal Wifi sendiri biasanya ditopang oleh perangkat yang bernama Router. Alat ini yang memancarkan sinyal Wifi kepada seluruh ruangan hingga ke pengguna.

Posisi router Wifi sangatlah penting dan harus diperhatikan, karena jika posisinya tidak tepat akan mempengaruhi kekuatan sinyal Wifi itu sendiri.

Ada beberapa tips untuk memilih dan meletakan posisi Router Wifi yang benar, agar Anda mendapatkan sinyal internet yang maksimal dan kencang.

Baca Juga: Cara Bagikan Password WiFi dari iPhone, Panduan Lengkap!

Pilih Router yang Sesuai Luas Rumah

posisi router Wifi

Semuanya dimulai dengan memilih router yang sesuai dengan luas rumah Anda. Pasalnya tidak semua router dibuat sama dan ukuran atau tata letak rumah Anda akan mementukan jenis jaringan nirkabel apa yang Anda butuhkan.

Bagi Anda pemilik Apartemen atau rumah dengan luas dibawah 1500 kaki persegi atau 140 meter persegi maka cukup dengan satu titik akses nirkabel. Tetapi jka router Anda telah berumur beberapa tahun, kami menyarankan untuk memperbarui ke model baru dengan dukungan 802.11 dan dua-band nirkabel.

Sedangkan untuk rumah yang lebih besar ada baiknya untuk memperbarui jaringan ke Jaringan Mesh agar internet bisa diakses ke segala sudut rumah. Hal ini akan memberi Anda kecepatan internet dengan cakupan yang menyeluruh.

Jangan Taruh di Sudut Rumah

Peletakan posisi router Wifi menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh Anda. Hal ini bisa berpengaruh pada sinyal Wifi yang dipancarkan. Biasanya para teknisi memasang router di sudut-sudut rumah. Padahal hal itu keliru.

Router mengirim sinyal ke segala arah sehingga jika Anda memasangnya di sudut rumah maka sinyal lebih banyak berada di luar rumah. Untuk itu Kami menyarankan agar memindahkan router ke lokasi pusat untuk mengoptimalkan sinyal. Itu posisi antena Wifi yang benar.

Baca juga: Cara Mengetahui WiFi Kita Dicuri Orang Lain

Cara pemasangan modem router Wifi lainnya, Anda disarankan untuk memasang router setinggi mungkin untuk memaksimalkan cakupan. Hal ini karena pola penyebaran sinyal cenderung vertikal. Cobalah menempatkan router di atas rak buku ataupun dinding rumah yang tidak mencolok.

posisi router Wifi

Jauhkan dari Alat ElektronikĀ 

Posisi router Wifi

Cobalah untuk memilih posisi untuk router Wifi yang jauh dari elektronik dan benda-benda logam besar lainnya. Semakin banyak dinding, penghalang besar dan elektronik di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinannya ada sesuatu yang akan mengganggu sinyal.

Salah satu elektronik yang secara khusus dihindari adalah microwave karena memancarkan sinyal kuat dalam pita hingga 2.4GHz. Oleh karenanya disarankan untuk melakukan posisi antena router Wifi yang benar itu, supaya performa perangkat bisa maksimal.

Atur Posisi Antena Router

Selanjutnya adalah atur posisi antena router WiFi yang benar. Jangan menyepelekan peran posisi antena Wifi yang benar karena posisi antena dapat mempengaruhi kualitas jaringan internet yang dihasilkan. Jika ada beberapa antena di router Anda, maka atur posisinya dengan baik.

Baca Juga: 6 Penyebab Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi dan Cara Mengatasinya

Jangan memposisikan mereka ke arah yang sama. Arah antena Wifi yang benar adalah, buat mereka tegak lurus satu sama lain baik secara vertikal ataupun horizontal. Hal ini dilakukan agar jaringan internet dapat menutupi berbagai sudut.

posisi router Wifi

Coba Petakan Kekuatan Sinyal

modem

Cara pemasangan router Wifi ini mungkin bisa berguna. Anda sebagai pemilik rumah bisa berkeliling untuk memetakan seberapa kuat sinyal di sana. Langkah ini berguna untuk mengetahui dimana saja sudut-sudut rumah dengan kekuatan sinyal yang paling cepat ataupun lambat.

Baca Juga: Cara Mengetahui Password WiFi

Dari sana Anda bisa menemukan masalah dalam koneksi internet di rumah Anda. Cara lainnya Anda bisa menggunakan perangkat penguat sinyal Wifi seperti Mi WiFi Extender AC1200 agar sinyal bisa maksimal.

Hindari Menyimpan di Dekat BetonĀ 

Posisi modem Wifi yang baik adalah jauh dari beton. Langkah ini perlu dilakukan karena Wifi memancarkan sinyal radio, yang mudah terhalang beton atau dinding rumah. Dengan begitu, bagi Anda yang memiliki rumah 2 lantai maka disarankan untuk memiliki 2 router.

Modem

Posisi antena router Wifi yang benar, bagi rumah 2 lantai adalah masing-masing lantai 1 router. Dengan begitu WiFi berjalan maksimal ketika dipakai.

Nah, itulah tips 6 cara posisi Wifi yang benar agar Anda bisa mendapatkan sinyal Wifi yang lebih kencang di rumah atau kantor. Selamat mencoba. [NM/HBS]

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI