6 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi

laptop tidak terhubung wifi

Telset.id – Laptop sangat erat hubungannya dengan internet WiFi. Sebab, kedua teknologi ini memang dihadirkan untuk memberikan mobilitas bagi pemakainya. Akan tetapi, kerap terjadi laptop tidak terhubung ke internet WiFi, dan membuat pekerjaan pun menjadi terhambat.

Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh hal-hal yang sepele, seperti adapter WiFi yang belum diaktifkan. Bisa jadi, disebabkan juga oleh hal kompleks, seperti pengaturan network yang tidak tepat.

Berikut ini, tim Telset.id merangkum enam penyebab laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini!

{Baca Juga: 10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya}

Adapter WiFi Belum Diaktifkan

laptop tidak terhubung wifi

Salah satu penyebab internet WiFi tidak dapat terhubung dengan perangkat laptop yaitu dikarenakan adaptor Wi-Fi belum dinyalakan. Mengaktifkan adaptor WiFi laptop sebenarnya sangat mudah, namun mungkin bagi sebagian pengguna awam masih bingung untuk mengaktifkan adaptor WiFi di laptop.

Untuk mengatasinya tentu sangat mudah. Di pojok kanan bawah terdapat ikon WiFi yang bisa Anda klik. Apabila adapter WiFi belum menyala, akan muncul tanda silang (x) berwarna merah.

Sedangkan, apabila adaptor WiFi sudah menyala, tanpa silang (x) merah tersebut akan hilang. Cukup klik ikon tersebut, maka akan muncul tiga opsi diatasnya yaitu WiFi, Airplane Mode dan Hotspot. Klik opsi WiFi, maka adapter akan menyala, lalu pilih koneksi internet dari daftar yang ada diatas.

Selain itu, biasanya di perangkat laptop akan ada tombol khusus untuk menyalakan/mematikan adapter laptop. Cukup menekan tombol tersebut, maka adaptor WiFi bisa diaktifkan/dimatikan secara mudah.

Driver WiFi Belum di Install

laptop tidak terhubung wifi

Penyebab lainnya dari laptop yang tidak bisa terhubung dengan koneksi WiFi adalah driver WiFi yang belum terinstal. Tentunya, perangkat modem WiFi yang terpasang di laptop membutuhkan perangkat lunak berupa driver untuk dapat dioperasikan dengan baik.

Terkadang kita lupa menginstall driver WiFi pada perangkat laptop. Apalagi jika membeli laptop dalam kondisi kosong tanpa OS. Tentunya, kita harus menginstal sendiri OS dan juga driver yang dibutuhkan.

Untuk mengatasinya, tentu saja dengan menginstal driver adaptor WiFi pada laptop tersebut. Biasanya, paket driver akan tersedia dalam bentuk CD pada paket penjualan. Atau, jika tidak tersedia, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu yang biasanya disediakan di situs resmi dari brand laptop yang digunakan.

Anda juga bisa mengunduhnya terlebih dahulu di PC lain, lalu pindahkan file driver tersebut menggunakan USB ke laptop yang belum terinstal, dan jalankan instalasinya.

{Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi yang Pernah Terhubung}

Driver WiFi Kadaluarsa

Penyebab lainnya yang mungkin ditemui yaitu driver adaptor WiFi yang sudah kadalurasa. Kasusnya, mirip dengan driver WiFi yang belum diinstal. Apabila driver telah kedaluarsa, tentu perangkat tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini, cukup dengan melakukan update driver dengan masuk menu Device Manager > Networks Adapter > ”Nama Modem”. Lalu, klik kanan dan pilih opsi Update Driver.

Pengaturan Network Tidak Tepat

Penyebab lainnya yang mengakibatkan WiFi laptop tidak bisa terhubung adalah pengaturan network yang tidak tepat. Mungkin laptop pernah diubah pengaturan jaringannya agar mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dengan mengubah IP/DNS. Sehingga, sekarang tidak lagi dapat terhubung menggunakan internet Wifi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

– Masuk ke menu Control Panel > Network & Internet > Network & Sharing Center > Change Adapter Settings.

– Pada pilihan WiFi, klik kanan pada koneksi WiFi yang dimaksud dan klik Properties.

laptop tidak terhubung wifi

– Akan muncul beberapa opsi, centang Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik Properties.

– Untuk mengembalikan pengaturan Network secara default atau otomatis, Anda bisa pilih Obtain an IP Address Automatically dan Obtain DNS server address automatically. Maka, pengaturan network akan secara otomatis mengikuti konfigurasi WiFi.

Penggunaan WiFi 5GHz

laptop tidak terhubung wifi

Seiring dengan banyaknya router yang menyediakan dual-band untuk koneksi WiFi, beberapa perangkat laptop terbaru juga telah mendukung fitur dual-band, yaitu 5GHz dan 2,4GHz. Biasanya, koneksi WiFi 5GHz akan memberikan internet yang lebih stabil dan juga cepat.

Namun sayangnya, WiFi 5GHz memiliki kelemahan pada aspek jangkauan yang akan melemah untuk jarak yang jauh. Belum lagi jika posisi router dan laptop terhalang dengan tembok atau sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya cukup dengan mengganti koneksi WiFi yang terhubung di laptop dari frekuensi 5GHz ke frekuensi 2,4GHz. Caranya sama dengan memilih koneksi WiFi di awal, yaitu masuk ke menu WiFi dengan ikon yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih nama WiFi yang menggunakan frekuensi 2,4GHz.

Laptop dalam Mode Power Saving Mode

Dalam kondisi Power Saving Mode atau mode penghematan daya, laptop akan mengurangi performa secara keseluruhan, mulai dari prosesor, tingkat kecerahan layar, background running dan termasuk juga koneksi internet. Sehingga dalam keadaan Power Saving, biasanya kecepatan internet juga menjadi lambat atau bahkan tidak dapat terhubung sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini, dapat mengatur Wireless Adaptor pada Mode Power Saving dengan langkah langkah berikut:

– Masuk ke menu Control Panel > Hardware & Sound > Power Options.

– Pada menu Power Options, klik tombol Change Advance Power Settings.

– Pada opsi Wireless Adaptor Settings, ubah opsi Power Saving Mode di pilihan On Battery dan Plugged In menjadi Maximum Performance.

laptop tidak terhubung wifi

Dengan demikian, maka performa WiFi akan dikembalikan ke kondisi maksimal. Tapi tentu saja ini akan membuat Power Saving Mode tidak berjalan optimal.

Power Saving Mode sejatinya dibuat untuk menghemat daya pada laptop. Dengan mengubah performa WiFi ke performa maksimal, akan membuat penggunaan daya baterai kembali seperti normal.

Nah, itulah tadi 6 penyebab dan cara mengatasi laptop yang tidak bisa terhubung dengan WiFi. Semoga tips diatas bermanfaat buat kalian ya, sob!

Tips & trik lainnya…

Tutorial Cara Ganti Password WiFi Semua Operator

Password WiFi menjadi aspek yang penting untuk menjaga agar jaringan tidak digunakan oleh orang-orang yang kita tidak kenal. Maka, terdapat beberapa cara untuk ganti password WiFi semua operator sehingga jaringan bisa lebih aman terlindungi.

Masing-masing operator atau perusahaan penyedia jasa internet memiliki cara tersendiri untuk mengubah password WiFi. Cara-cara tersebut bisa digunakan dengan mudah dan cepat, sehingga Anda tidak perlu menghubungi teknisi khusus.

Untuk itu, tim Telset.id akan memberikan tutorial cara ganti password WiFi untuk semua operator. Semua tutorial yang tersedia masing-masing berasal dari operator yang berbeda, dan Anda bisa sesuaikan dengan operator langganan Anda sendiri {Tutorial Cara Ganti Password WiFi Semua Operator}

Bonus: 

{Cara Melihat Password Wifi yang Pernah Terhubung}

{Cara Mudah Mengunci Folder di PC, Biar Aman!}

(IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here