Tips Hemat Kuota Internet Saat Bekerja dari Rumah

tips hemat kuota internet

Telset.id – Kegiatan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah membuat pemakaian kuota internet menjadi tinggi. Namun terdapat beberapa tips hemat kuota internet selama bekerja dari rumah.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk kerja, belajar, dan ibadah dari rumah atau Work From Home. Tujuannya, untuk mencegah meluasnya penyebaran pandemi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Hasilnya banyak perusahaan yang menerapkan WFH untuk memutus mata rantai pandemi tersebut. Sayangnya timbul masalah selama WFH yakni kuota internet yang membengkak.

Anda harus menyisihkan biaya ekstra untuk membeli paket internet agar bisa tetap bekerja dari rumah dengan maksimal.

Nah, biar bisa menekan biaya kuota internet, Tim Telset.id akan memberikan tips hemat kuota internet saat bekerja dari rumah.

Batasi Streaming Video 

Hemat Kuota Internet

Tips pertama adalah membatasi streaming video. Anda harus membatasi aktifitas streaming video di aplikasi Youtube, Netflix atau aplikasi streaming lainnya. Pasalnya streaming video menyedot banyak kuota sehingga Anda dapat kehabisan kuota dengan cepat.

Kami menyarankan lebih baik mengunduh video-video tersebut. Dengan mengunduh video, Anda bisa menayangkan video tersebut berkali-kali tanpa khawatir tersedot banya kuota.

{Baca juga: 5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference}

Aktifkan Peringatan Penggunaan Kuota 

Hemat Kuota Internet Work From Home

Kedua adalah aktifkan peringatan penggunaan kuota. Terdapat beberapa merek smartphone yang memiliki fitur peringatan penggunaan kuota. Selain itu ada juga aplikasi-aplikasi khusus yang dapat memantau penggunaan kuota yang bisa Anda gunakan.

Dengan mengaktifikan peringatan penggunaan kuota, Anda bisa memantau dan mengukur penggunaan kuota setiap harinya. Informasi kuota yang digunakan selama sehari bisa menjadi rujukan untuk mengubah prilaku supaya Anda bisa lebih hemat menggunakan kuota internet.

Kurangin Aktivitas Video Conference 

Hemat Kuota Internet Work From Home

Tips ketiga adalah mengurangi aktivitas video conference. Kegiatan video conference boleh dilakukan jika melakukan rapat-rapat penting kantor atau rapat yang diikuti oleh kepala divisi.

Jika Anda ingin berkomunikasi dengan rekan kerja lain, disarankan bisa melalui fitur chat room di WhatsApp agar kuota bisa tetap hemat.

Kemudian selama video conference, Anda juga bisa matikan atau mute mode video jika tidak perlu menampilkan wajah dan mute mode microphone jika tidak disuruh untuk berbicara untuk menghemat kuota.

Aktifkan Fitur Lite Mode 

Hemat Kuota Internet Work From Home

Keempat adalah aktifkan fitur Lite Mode. Aplikasi seperti Google Chrome memiliki Lite Mode yang minim penggunaan kuota internet.

Fitur tersebut dapat Anda aktifkan untuk menghemat kuota agar biaya pembelian kuota tidak membengkak selama Work From Home berlangsung.

{Baca juga: 10 Modem WiFi 4G Terbaik, Pas untuk Kerja dari Rumah}

Matikan Internet jika Tak Dibutuhkan 

Hemat Kuota Internet Work From Home

Tips kelima adalah matikan kuota internet jika tidak dibutuhkan. Ketika Anda ingin tidur atau beristirahat Anda bisa mematikan atau menonaktifkan kuota internet dan juga ponsel Anda. Selain dapat menghemat kuota, Anda juga menghemat daya baterai smartphone.

Nah itu tadi 5 trik yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghemat kuota Internet selama bekerja dari rumah. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan.

 

Tips Work From Home lainnya

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Setelah beberapa minggu menjalankan aktivitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH), masyarakat Indonesia mulai terbiasa menerapkan cara baru dalam berkomunikasi. Aplikasi pesan instant WhatsApp, menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Ada beberapa tips maksimalkan fitur WhatsApp agar kerja jadi praktis.

Menurut survei Buffer, agensi pengembangan brand online, secara global kesulitan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi menjadi tantangan yang menempati posisi tiga teratas bagi pekerja yang bekerja dari rumah (remote workers).

Bagi sebagian orang yang baru mengenal konsep #WorkingFromHome (WFH), menatap layar terus menerus bisa membuat mereka merasa jenuh dan terbebani. Oleh karena itu, menggunakan alat komunikasi yang efektif menjadi sangat penting untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari.

Perusahaan riset pasar, Kantar mencatat dalam survei Covid-19 Barometer secara global bahwa penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% di antara pengguna usia 18-34 tahun.

Sebagai aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan, berikut ini panduan sederhana dari WhatsApp untuk membantu Anda maksimalkan fitur WhatsApp agar berkomunikasi dengan lancar selama WFH. Baca artikelnya di sini: {Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah}

Bonus: 

{Sering Video Conference Selama WFH? Simak Tips Aman Ini}

{Tips Aman Video Conference Menggunakan Aplikasi Zoom}

Previous articleGoJek Gelar Festival Film dan Serial Online di GoPlay
Next articleiPhone SE 2020 Sudah Masuk Lapak Situs Apple Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here