Tips Aman Video Conference Menggunakan Aplikasi Zoom

Telset.id – Zoom menjadi alternatif aplikasi yang dipakai untuk Work From Home (WFH) dikabarnya memiliki sistem keamanan yang rentan. Maka pengguna bisa mengikuti tips aman melakukan Video Conference dengan menggunakan Zoom.

Selama kebijakan WFH, aplikasi ini semakin banyak digunakan. Biasanya aplikasi Zoom dipakai untuk melakukan rapat dengan karyawan dan juga manajemen secara virtual. Namun seiring banyaknya pengguna Zoom tersiar kabar jika aplikasi tersebut tidak aman.

Dunia sedang heboh dengan fenomena Zoom Booming. Adapun Zoom Booming merupakan serangan dan gangguan dari luar yang akan membajak video konferensi dengan mengirim gambar-gambar porno atau ujaran kebencian disertai ancaman, sehingga menghentikan segala interaksi sosial online yang sedang dilakukan.

{Baca juga: Waspada! Hacker Bisa “Kepoin” Aktivitas Pengguna Aplikasi Zoom}

Fenomena Zoom Booming semakin sering terjadi sehingga pengguna perlu melakukan pencegahan. Menurut IT Security Consultant PT Prosperita  ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan jika fenomena Zoom Booming dapat dicegah dengan memaksimalkan pengaturan “Waiting Room”.

“Segala hal yang terkait dengan dunia maya pasti memiliki risiko, dalam kasus Zoom, ancaman Zoom Bombing bisa menjadi masalah besar bagi banyak pihak, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan pengaturan yang tepat untuk mencegah terjadinya pembajakan,” kata Yudhi.

Yudhi memiliki beberapa tips untuk mengamankan jaringan dari serangan Zoom Booming. Berdasarkan keterangan resmi pada Jumat (03/04/2020) caranya dengan memaksimalkan fitur hidden tool di Zoom yang bernama “Waiting Room” atau ruang tunggu.

Fitur tersebut  memungkinkan untuk mencegah tamu yang tidak diundang mengambil alih kegiatan rapat melalui video conference. Berikut cara mengaktifkan Waiting Room supaya lebih aman menggunakan Zoom. Yuk disimak!

  • Buka account management > pengaturan akun, dan ke bawah untuk ke opsi “Waiting Room” lalu aktifkan opsi tersebut.

TIps Zoom Aman

  • Setelah pengaturan diaktifkan, pilih siapa saja yang bisa menghadiri ruang tunggu. Terdapat pilihan  “All participants” untuk menempatkan semua orang di ruang tunggu atau “guest participants only” untuk menambahkan orang-orang di berbagai akun Zoom atau yang tidak masuk ke ruang tunggu.

Zoom Aman 2

  • Waiting Room juga dapat diatur untuk pertemuan tertentu. Untuk melakukan ini, jadwalkan pertemuan terlebih dahulu di opsi “Schedule Meeting”.

Tips Aman Aplikasi Zoom

  • Untuk melihat pertemuan berikutnya tinggal klik “Upcoming Meeting”. Pada opsi tersebut pengguna juga dapat membuat jadwal sebuah pertemuan.

Tips Aplikasi Zoom Aman

  • Periksa untuk mengaktifkan Waiting Room untuk pertemuan khusus/tertentu. Caranya  dengan memilih opsi “Meeting Option” dan beri tanda ceklis ke pada “Enable Waiting Room”. Tips Zoom Aman
  • Pengguna juga bisa mengaktifkan “Waiting Room” untuk semua rapat dengan ID rapat pribadi. Caranya dari opsi “Meeting” kemudian pilih opsi “Personal Meeting Room”.

Tips Zoom Aman

  • Kemudian Klik “Edit this Meeting” dan pastikan untuk mengaktifkan Waiting Room dengan dicentang, lalu tekan save atau simpan. Inilah yang akan dilihat peserta rapat saat berada di Waiting Room nantinya.

{Baca juga: Aplikasi Zoom untuk iOS Berikan Data Pengguna ke Facebook?}

Aplikasi Zoom Aman

  • Host sendiri dapat kendalikan melalui Waiting Room. Caranya dengan memilih opsi  “Manage Participants” di menu yang tersedia.

Tips Zoom Aman

  • Sementara itu opsi “More” akan memberikan beberapa opsi, termasuk memasukkan seseorang ke Waiting Room.

Tips Zoom Aman

  • Setelah pertemuan dimulai, calon peserta rapat dapat diterima dari daftar tunggu di bawah “Manage Participants” atau kelola peserta.

Tips Zoom Aman

  • Pengguna juga dapat menerima semua sekaligus pengguna lain yang ada di Waiting Room.

{Baca juga: Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook}

Tips Zoom Aman

  • Dengan mengklik “More” pada “Video Participants” pengguna lain dapat dikirim ke Waiting Room selama panggilan.

Tips Zoom Aman

Mencegah lebih baik daripada mengobati atau sedia payung sebelum hujan, dua pepatah ini sangat akrab di telinga kita sebagai orang Indonesia.  Semoga tips langkah-langkah pengamanan Zoom di atas dapat bermanfaat untuk para penggunanya. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -