4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Telset.id – Menjalankan ibadah puasa bukan hanya sebatas menahan lapar dan haus saja, tapi juga menahan hawa nafsu dan menghindari kegiatan yang bersifat negatif. Jika tak hati-hati, HP atau smartphone Anda bisa membatalkan ibadah di bulan puasa, jika tidak “bersih”.

Di zaman teknologi modern yang serba mobile seperti sekarang, segala hal dari yang positif hingga negatif bisa dilakukan hanya dengan menggunakan HP.

Makanya, di bulan penuh keberkahan seperti sekarang, Telset.id akan membantu Anda untuk lebih maksimal dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satu caranya adalah dengan membuat smartphone yang selalu Anda gunakan setiap hari “bersih”.

Yuk ikuti 4 tips yang telah kami rangkum berikut ini:

Jangan Lihat Video 18++ di YouTube

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Bagi Anda yang senang streaming video di YouTube sambil menunggu waktu berbuka puasa, mungkin cobaan berat yang bisa saja menghampiri Anda adalah konten video dewasa atau video 18++ yang terkadang muncul di bagian Up Next.

Jika iman Anda kuat, mungkin konten tersebut Anda hiraukan. Tapi yang jadi masalah jika Anda orangnya mudah tergoda, tentu saja berpotensi akan membatalkan puasa.

Ada anggapan lebih baik mencegah dariapda mengobati, nah daripada nantinya kebablasan menonton video tersebut, lebih baik Anda mencegah hal itu terjadi dengan mengaktifkan Restricted Mode di YouTube.

Caranya mudah kok. Buat pengguna smartphone Android, Anda bisa masuk ke menu Settings, kemudian ke bagian General. Scroll ke bagian bawah, dan ubah toggle Restricted mode ke posisi On.

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Sedangkan untuk PC atau laptop, scroll ke bagian paling bawah di YouTube. Kemudian di bagian menu dropdown Restricted Mode, ubah pengaturannya menjadi On dan kemudian tekan tombol Save. Mudah kan?

Hindari Buka Konten Negatif di Internet

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghindari membuka konten negatif di internet. Hal tersebut tidak hanya harus dihindari di bulan puasa saja, tapi juga harus dihindari di bulan-bulan lainnya.

Kenapa? Karena konten negatif selain bisa “merusak” pemikiran Anda, juga bisa mengurangi pahaladari ibadah yang Anda jalani.

Lantas bagaimana cara pintar untuk menghindarinya? Mudah kok, karena sebagian besar pengguna smartphone, tablet atau PC, mencari sesuatu lewat Google Search, Anda bisa gunakan fitur Safe Search.

Untuk smartphone atau tablet caranya adalah buka aplikasi Google, kemudian masuk ke bagian Settings. Selanjutnya pilih opsi Account & privacy dan ubah toggle SafeSearch filter ke posisi On.

Jika sudah mengaktifkan fitur tersebut, otomatis Anda tidak bisa membuka situs yang berisi konten negatif.

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Sedangkan untuk PC atau laptop, masuk ke Search Settings, kemudian ceklis Turn on SafeSearch.

Install Aplikasi Pengingat Solat

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Tips smartphone bersih selanjutnya adalah install aplikasi pengingat sholat tepat waktu. Boleh install aplikasi lainnya seperti media sosial, chatting, atau bahkan game, tapi coba di bulan puasa yang penuh berkah ini, manfaatkan dunia teknologi sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Benar kan?

Ngomong-ngomong soal aplikasi pengingat waktu sholat, kami sarankan untuk menggunakan satu aplikasi bernama Muslim Pro.

Pada aplikasi tersebut, kita bisa mendapatkan notifikasi waktu sholat berdasarkan lokasi dimana kita sedang berada. Notifikasi itu juga bisa berupa seperti pesan atau bahkan notifikasi dengan suara adzan yang menyejukkan hati.

Baca juga: 7 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan di Android dan iOS 2022

Selain itu juga, jika kebetulan Anda sedang di luar kota dan tidak tahu arah kiblat, jangan khawatir karena aplikasi ini pun menyediakan fitur Kiblat yang memungkinkan Anda mengetahui arah kiblat sesuai lokasi saat itu Anda berada.

Oh ya satu lagi, di dalam aplikasi Muslim Pro pun terdapat jadwal Imsak hingga sholat lima waktu yang lengkap selama bulan Ramadhan.

Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk bilang “nanti” untuk melaksanakan ibadah sholat karena sudah punya aplikasi pengingat waktu sholat.

Install Aplikasi Al-Quran untuk Mengaji

4 Cara Membuat Smartphone “Bersih” di Bulan Puasa, Biar Gak Batal!

Terakhir yang bisa membuat smartphone Anda “bersih” dan juga menjadi sarana untuk lebih dekat kepada Tuhan adalah dengan meng-install aplikasi Al-Quran terbaik untuk mengaji kapanpun dimanapun.

Aplikasi seperti ini tentu cocok bagi Anda yang sibuk bekerja, tapi masih ingin khatam Al-Quran di bulan suci Ramadhan atau sebagai teman disaat menunggu berbuka puasa.

Salah satu aplikasi Al-Quran digital itu adalah Al-Quran Indonesia yang menampilkan surat-surat Al-Quran dalam ejaan bahasa Arab, dan juga bahasa latin serta lengkap dengan arti dari ayat-ayat yang ada.

Baca juga: 10 Aplikasi Arah Kiblat untuk Sholat, Akurat Buat Ibadah Puasa

Tentu bagi Anda yang kurang terlalu lancar membaca Al-Quran, dapat terbantu dengan adanya ejaan bahasa latin, sementara itu bagi Anda pengguna yang ingin mempelajari secara lebih surat yang dibaca pun dapat dimudahkan karena terdapat arti dari tiap ayat Al-Quran.

Di dalamnya juga terdapat tab yang mengelompokkan pengelompokan surat tiap juz yang bisa Anda manfaatkan jika memang menargetkan khatam Al-Quran di bulan suci ini.

Aplikasi Al-Quran Indonesia juga sudah integrasi langsung ke Google, jadi penggunanya tidak perlu khawatir surat serta ayat berapa yang terakhir dibaca.

Baca juga: 10 Aplikasi Al Quran Terbaik 2022 untuk Tadarus Ramadan

Terakhir, penggunanya juga dimungkinkan untuk men-download surat-surat Al-Quran dengan mudah agar bisa dibaca kapanpun dan dimanapun meski tanpa koneksi internet.

Bagaimana, mudah kan melakukan hal baik hanya lewat smartphone? (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0