Cara Download Data dari Akun Google, Mudah dan Efektif

download semua data dari akun Google

Telset.id – Jika Anda adalah seorang pengguna Android, tentunya akun Google merupakan elemen penting yang mungkin menyimpan seluruh data dari smartphone kita entah itu dokumen yang tersimpan di Google Drive, foto di Google Photos, email penting yang ada di Gmail hingga riwayat lokasi yang ada di Google Maps pada server Google.

Meskipun tersimpan dengan aman di server raksasa pencarian tersebut, tetap saja kita harus menyimpan data-data penting dari akun Google kita ke media penyimpanan kita sendiri.

Seperti misal ke hardisk eksternal untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan seperti lupa password atau bahkan akun Google Anda dihapus oleh Google sendiri karena alasan apapun.

{Baca juga: Google Santa Tracker, Kado Natal Khusus dari Google}

Nah ternyata Google memiliki fitur bernama Google Takeout yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data yang tersimpan pada akun Google Anda ke media penyimpanan lainnya dengan mudah.

Tutorial Download Data di Akun Google

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan Google Takeout, tenang karena Tim Telset akan membantu Anda dengan memberikan cara mudah download semua data dari akun Google. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak baik-baik!

  • Pertama yang harus dilakukan adalah akses situs Takeout.Google.com dan pastikan Anda login menggunakan akun Google yang paling utama milik Anda.
  • Kemudian, di bagian Select data to include, terdapat daftar dari semua layanan Google yang tersimpan data dari akun Google yang tersedia untuk diunduh. Secara defaulttoggle pada setiap layanan tersebut aktif, jadi jika tidak ingin mengunduh beberapa layanan tertentu, ubah saja posisi toggle-nya.
  • Jika sudah memiliki layanan mana yang ingin diunduh, klik tombol Next di bagian bawah daftar layanan tersebut.

{Baca juga: Begini Cara Hapus History Google Voice Search}

  • Selanjutnya adalah pilih tipe data yang akan Anda unduh, kami rekomendasikan tipe datanya adalah .zip untuk memudahkan Anda extract data tersebut. Di bagian bawahnya terdapat maksimal ukuran data arsip yang secara default berukuran 2GB. Jika menurut Anda kurang cukup, Anda bisa memilih ukuran lainnya.
  • Kemudian ada bagian Delivery Method, kami rekomendasikan untuk memilih Send download link via email agar nantinya link unduh dari semua data dari akun Google akan dikirimkan ke email Anda.
  • Jika semua pengaturan sudah selesai, tekan tombol Create archive untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

{Baca juga: Begini Cara Cek Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan}

  • Google akan otomatis memproses data tersebut. Waktu proses tergantung dari besaran data yang ingin Anda unduh, jadi kemungkinan beberapa menit, jam atau bahkan hari. Namun jika data sudah siap, secara otomatis Google akan mengirimkan link-nya ke email Anda.
  • Perlu diingat, link unduh tersebut hanya valid atau aktif selama 7 hari saja, jadi segeralah untuk mengunduhnya.

{Baca juga: Google Earth Tampilkan Kondisi Bumi dari 1984 Hingga Sekarang}

Selesai! Jika Anda sudah selesai mengunduh data dari akun Google Anda tersebut, segeralah memindahkannya ke hardisk eksternal atau media penyimpanan lainnya yang aman sehingga nantinya masih bisa digunakan atau dilihat dengan aman dan mudah. (FHP/HBS)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here