Begini Cara Cek Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan

Telset.id – Malware bernama Gooligan berhasil ditemukan oleh para peneliti keamanan dari Check Point Software TechnologiesMalware tersebut terbilang sangat berbahaya, kenapa? Karena Gooligan sudah menginfeksi jutaan akun Google yang setiap harinya sudah menginfeksi lebih dari 13 ribu akun Google.

Jika seseorang pengguna Google terkena malware ini, maka semua data-data yang bersifat pribadi atau senstif pada Google Play, Gmail, Google Photos, Google Docs, G Suite, Google Drive, dan program Google lainnya akan terbaca dengan sangat mudah.

Gooligan

Karena malware ini berbahaya dan bisa mengenai siapa saja, maka Tim Telset.id akan memberikan cara bagaimana cek akun Google yang terkena malware Gooligan. Karena bisa jadi diantara para pembaca semuanya, ada yang terkena malware ini namun masih belum sadar. Yuk simak caranya!

[Baca juga: Lebih dari 1 Juta Akun Google Diterobos Gooligan]

  • Check Point sendiri menyediakan mini site yang berguna untuk memastikan apakah akun Google milik Anda aman atau tidak. Berikut link dari Gooligan Checker.
    gooligan-checker
  • Jika sudah diakses, masukkan alamat email Google anda pada kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol Check.
    gooligan-checker-1
  • Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul hasil apakah akun anda terkena infeksi dari Gooligan atau tidak.

Selesai! Jika memang smartphone anda terkena malware ini, Michael Shaulov, Head of Mobile Products Check Point memberikan cara ampuh untuk bisa menghilangkannya. Caranya adalah dengan install ulang perangkat tersebut agar semua malware terhapus.

[Baca juga: Ini Daftar Aplikasi Palsu yang Terinfeksi Gooligan]

Satu lagi, sekedar informasi, malware Gooligan hadir para penyedia aplikasi pihak ketiga atau dari link situs-situs berbahaya. Jadi mulai dari sekarang, berhati-hati ya dalam mengunduh atau meng-install aplikasi di Android. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here