Home HOW TO Cara Cek Jenis Prosesor di HP Android, Dijamin Gampang!

Cara Cek Jenis Prosesor di HP Android, Dijamin Gampang!

Telset.id – Ketika melihat spesifikasi HP Android terbaru yang ingin dibeli, tak jarang beberapa vendor smartphone menuliskan informasi seputar jenis prosesor dan spesifikasi lainnya. Namun tak jarang, vendor juga tak mencantumkan jenis chipset yang digunakan. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui jenis prosesor smartphone Android?

Jika Anda sudah terlanjur membeli smartphone dan belum tahu prosesor yang digunakan, Anda tak perlu berkecil hati. Karena untuk mengetahuinya sebenarnya sangat mudah, asal tahu caranya.

Kali ini tim Telset.id akan membantu Anda lewat cara sederhana untuk mengetahui jenis prosesor yang digunakan HP Android.

Terdapat 4 cara untuk mengetahui jenis prosesor yang digunakan smartphone Android. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini:

{Baca Juga: Perbedaan Prosesor 32 bit dan 64 bit, Ini Kelebihan dan Kekurangannya}

1. Menggunakan Aplikasi AIDA64

Cara Pertama yang bisa Anda lakukan untuk melihat jenis prosesor smartphone di Android adalah dengan menggunakan aplikasi AIDA64. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah install terlebih dahulu aplikasi AIDA64 di Google Play Store.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan akan tampil beberapa opsi informasi yang bisa Anda ketahui soal smartphone Anda.
  • Nah, untuk mengetahui jenis prosesor yang digunakan, tekan opsi CPU.
  • Muncul berbagai informasi lengkap mengenai otak yang ditanamkan pada smartphone yang digunakan.
  • Kebetulan, kami menggunakan Xiaomi Redmi Note 4, terlihat jika smartphone ini menggunakan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 625 (MSM8953).
  • Tak cuma bisa mengetahui jenis prosesor saja, pada aplikasi ini Anda pun bisa mengetahui berbagai informasi penting mengenai smartphone Anda.

{Baca Juga: 10 Smartphone dengan Prosesor 64 Bit dan Kelebihannya}

2. Menggunakan Aplikasi CPU Z

Berikutnya Anda bisa menggunakan aplikasi CPU Z. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa melihat berbagai informasi terkait sistem dalam smartphone Anda, termasuk prosesor.

  • Download aplikasi CPU Z di Google Play Store.
CPU Z
  • Buka aplikasi CPU Z. Anda akan langsung disuguhkan beragam sistem yang ada di smartphone, salah satunya adalah prosesor.
CPU Z

Dengan ini Anda bisa langsung melihat prosesor apa yang digunakan oleh smartphone tersebut, beserta informasi lain pada sistem Android.

{Baca Juga: 5 Fitur Snapdragon 870, Prosesor Mobile Paling Cepat di Dunia}

3. Menggunakan Aplikasi Droid Hardware Info

Selanjutnya, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Droid Hardware Info. Seperti aplikasi lainnya, Droid Hardware Info bisa Anda unduh secara gratis di Play Store. Berikut cara selengkapnya.

  • Download aplikasi Droid Hardware Info di Google Play Store.
Droid Hardware Info
  • Buka aplikasi tersebut. Dalam kolom System akan terlihat prosesor yang digunakan oleh smartphone tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya, seperti jumlah core, sistem operasi yang digunakan, dan lain sebagainya.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

4. Menggunakan Aplikasi Inware

Terakhir, cara untuk mengetahui jenis prosesor HP Android adalah dengan menggunakan aplikasi Inware. Tidak cuma mengetahui prosesor, dengan memanfaatkan aplikasi Inware Anda bisa mengetahui informasi terkait sistem smartphone.

Berikut ini cara untuk melihat prosesor di smartphone dengan menggunakan aplikasi Inware.

  • Download aplikasi Inware di Google Play Store.
Inware
  • Buka aplikasi Inware. Tap pada kolom Hardware untuk mengetahui jenis prosesor yang digunakan smartphone Android Anda.

Gampang banget kan, sob? Itu dia tadi berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis prosesor yang digunakan smartphone Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version