telset

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G di Smartphone Oppo

Telset.id – Oppo jadi salah satu merek yang aktif menghadirkan ponsel dengan dukungan jaringan 5G di Indonesia. Beberapa seri smartphone Oppo dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan hingga seri premium, sudah disematkan teknologi jaringan internet super ngebut ini.

Padahal, konsumen Oppo sendiri masih belum bisa merasakan kencangnya koneksi internet 5G. Penyebabnya, jaringan generasi kelima ini masih belum resmi digelar di Indonesia.

{Baca juga: Rekam Jejak Perjalanan Oppo Mengembangkan Teknologi 5G}

Namun demikian, mendengar kepastian bahwa Telkomsel akan menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia, disusul oleh kabar Indosat Ooredoo yang turut mengajukan proses ULO atau uji layak operasi 5G ke Kementerian Kominfo, jadi angin segar bagi para pemilik ponsel 5G Oppo.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengaktifkan layanan 5G di smartphone Oppo saat operator resmi menghadirkan jaringan generasi kelima ini?

Sebagaimana dilansir Telset dari forum Oppo, Jumat (21/5/2021), berikut ini gambaran cara untuk mengaktifkan layanan internet 5G di ponsel Oppo ketika jaringan ini sudah resmi dikomersilkan:

{Baca juga: Telkomsel Siap Luncurkan Layanan 5G Komersial di Indonesia 27 Mei 2021?}

  • Pertama, masuk ke Settings dan masuk ke bagian Cellular Network.
  • Kemudian, pilih SIM dan Preferred Network Type. Ada beberapa opsi jaringan yang muncul, Anda hanya harus memilh opsi 5G/4G/3G/2G (Auto).

Cara mengaktifkan 5G di Oppo

  • Dengan opsi ini, maka perangkat akan memilih jaringan terbaik sesuai dengan operator yang Anda gunakan.

Cara mengaktifkan 5G di Oppo

  • Namun jika opsi 5G belum muncul di beberapa pilihan tersebut, maka operator yang Anda gunakan memang belum mendukung jaringan 5G.

Hingga saat ini, opsi jaringan 5G di ponsel Oppo masih dikunci. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kemungkinan saat layanan ini sudah tersedia di Indonesia, pihaknya akan menyebarkan update via OTA (Over The Air) untuk membukanya.

Akan tetapi, digulirkannya update OS melalui OTA tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa proses yang harus dilalui, termasuk berkoordinasi dengan pihak operator terkait.

{Baca juga: 5 HP 5G Oppo yang Dijual di Indonesia, Rekomendasi Terbaru 2021}

“Yang memang memungkinkan ada update OTA. Namun butuh proses lagi untuk menyebarkannya (update via OTA),” katanya kepada tim redaksi Telset, Kamis (21/5/2021).

“Saat ini masih koordinasi dengan operator dan harus menunggu prosesnya juga. Harus dilihat juga persentase pengguna yang memakai ponsel 5G di wilayah yang mendukung,” jelasnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0