Rekam Jejak Perjalanan Oppo Mengembangkan Teknologi 5G

Telset.id – Saat ini memang sudah banyak merek ponsel yang merilis seri terbaru dengan dukungan jaringan 5G. Salah satunya adalah Oppo, yang sudah meluncurkan beberapa seri HP terbaru yang mendukung teknologi jaringan 5G.

Hadirnya beragam ponsel 5G dari Oppo merupakan hasil pengembangan teknologi yang sudah dilakukan sejak enam tahun silam, tepatnya pada tahun 2015.

Berawal pada April 2015, Oppo membentuk tim awal untuk standarisasi 5G. Saat itu, perusahaan asal China tersebut menilai bahwa teknologi 5G adalah sebuah lompatan besar ke depan untuk perangkat yang terhubung ke internet.

Oppo ingin menjadi salah satu perusahaan teknologi yang selalu berada di garis terdepan dalam pengembangan teknologi 5G. Perusahaan pun berkomitmen untuk merancang perangkat 5G yang terjangkau agar bisa digunakan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Berselang tiga tahun setelah membentuk tim awal standarisasi, Oppo menggelar tes 5G pertama mereka. Perusahaan melakukan demonstrasi teknologi video 5G pertama berdasarkan cahaya berstruktur 3D atau 3D Structured Light pada Mei 2018.

{Baca juga: Oppo Pamer Sejumlah Teknologi Baru di MWC Shanghai 2021}

Tak butuh waktu lama, tepat pada Agustus 2018, Oppo langsung mengadakan pengujian sinyal 5G dan tautan data berdasarkan ponsel yang tersedia secara komersial.

Teknologi 5G Oppo
Pengujian 5G dari Oppo pada tahun 2018.

Barulah di bulan Oktober 2018, untuk pertama kalinya Oppo menghubungkan perangkat rancangan mereka ke jaringan internet 5G dan sukses melakukan pengujian kompabilitas. Saat itu, Oppo berhasil menjalankan basis internet 5G pada uji komunikasi nirkabel.

Serangkaian pengujian ini membuahkan hasil. Tepat di akhir tahun 2018, Oppo memamerkan Find X 5G pada konferensi Mitra Global China Mobile. Perangkat ini secara fungsional dapat terhubung ke jaringan internet generasi kelima.

Usai “kerja cepat” mengembangkan teknologi 5G sepanjang tahun 2018, Oppo mulai memamerkan ponsel pintar 5G pertama mereka di acara Mobile World Congress atau MWC 2019 di Barcelona, tepatnya di acara Oppo Innovation 2019.

Teknologi 5G Oppo
Oppo memamerkan perangkat 5G pertama mereka di MWC 2019.

Di bulan yang sama, perusahaan juga menggelar uji coba siaran langsung seluler pertama di dunia pada jaringan 5G. Tes ini pun menggunakan smartphone Oppo yang telah mendukung jaringan generasi kelima.

Sukses melakukan serangkaian pengujian jaringan dan teknologi terbaru, Oppo akhirnya mengumumkan kehadiran ponsel Oppo Reno 5G yang dijual pertama kalinya di pasar Eropa. Oppo Reno 5G adalah salah satu smartphone pertama di dunia yang telah mendukung teknologi 5G.

{Baca juga: Uji Performa Oppo Reno5 5G: Powerful Berkat Snapdragon 765G}

Teknologi 5G Oppo
Ponsel 5G pertama Oppo dijual di Eropa.

Dua bulan kemudian, perusahaan bukan cuma merilis perangkat berteknologi 5G saja. Namun, Oppo pun menghadirkan hotel wisata pertama dengan 5G di Australia.

Tak merasa puas dengan pengembangan yang selama ini dilakukan, Oppo pun menggandeng Ericsson sebagai mitra utama untuk membangun laboratorium pengembangan 5G pada November 2019.

Teknologi 5G Oppo
Panggilan DSS pertama dilakukan Oppo, Ericsson, QUalcomm, Swisscom, dan Telstra.

Bersama Ericsson, Qualcomm, Swisscom, dan Telstra, Oppo juga melakukan panggilan DSS atau Dynamic Spectrum Sharing pertama menggunakan smartphone 5G pada akhir tahun 2019.

Oppo Turut Mengembangkan 5G di Indonesia

Oppo 5G Academy

Oppo memang gencar melakukan berbagai pengembangan teknologi 5G secara global. Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Perusahaan asal China ini pun turut serta menggelar jaringan generasi kelima di Tanah Air. Tepatnya pada November 2019 lalu, Oppo melakukan uji jaringan 3.5 GHz di Batam bersama Telkomsel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Reno 5G.

Di sana, Oppo dan Telkomsel berhasil melakukan tes video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia dengan menggunakan jaringan 5G.

{Baca juga: Telkomsel Berhasil Uji Coba 5G di Batam}

Bukan cuma itu, perusahaan asal China ini pun turut mengedukasi masyarakat seputar kecanggihan dan manfaat dari teknologi 5G melalui acara Oppo 5G Academy.

Melalui acara tersebut, Oppo ingin membuat masyarakat Indonesia lebih mengerti mengenai teknologi, perkembangan, dan penggunaan jaringan 5G ke depannya.

Dengan acara ini pula, Oppo mengklaim diri sebagai penyedia perangkat mobile yang siap menyongsong era jaringan 5G di Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk 5G berkualitas yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat, dimulai dengan Oppo Reno5 5G.

Seri HP 5G dari Oppo di Indonesia

Oppo Reno5 5G
Oppo Reno5 5G

Setidaknya, ada tiga seri HP terbaru dari Oppo yang sudah mendukung jaringan 5G. Ketiganya antara lain, Oppo Find X2, Find X2 Pro, dan Reno5 5G.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro adalah seri ponsel premium yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865 yang dipasangkan dengan modem Snapdragon X55 dari Qualcomm.

Sementara Oppo Reno5 5G, merupakan HP terbaru kelas menengah yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 6,9 jutaan. Dukungannya terhadap jaringan generasi kelima tak terlepas dari penggunaan Snapdragon 765G sebagai mesin utamanya.

Prosesor tersebut sudah terintegrasi dengan modem Snapdragon X52 yang mendukung kecepatan hingga 3.7 Gbps (5G) dan 1.2 Gbps (4G/LTE) untuk download, serta 1.6 Gbps (5G) dan 210 Mbps (4G/LTE) untuk upload.

{Baca juga: Uji Baterai Oppo Reno5 5G: Ngecas Cepat, Daya Tahan 19 Jam!}

Modem ini juga telah mendukung jaringan 5G mmWave dan sub-6 GHz. Selain itu, modem 5G terintegrasi di Snapdragon 765G memiliki semua fitur inti yang bisa ditemukan pada modem Snapdragon X55 di prosesor Snapdragon 865 yang digunakan pada Find X2 Series.

Oppo Find X2 Pro Green Vegan
Oppo FInd X2 Pro

Sejauh ini, Oppo Reno5 5G menjadi HP 5G murah yang dijual Oppo di Indonesia. Namun, tak menutup kemungkinan Oppo ke depannya akan meluncurkan lebih banyak perangkat 5G lagi, termasuk ponsel yang lebih terjangkau agar masyarakat bisa merasakan teknologi teranyar dan tercanggih ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

“Oppo berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perangkat yang mendukung jaringan generasi ke 5 ini, termasuk di Indonesia. Kesiapan OPPO ditunjukan dengan menghadirkan Reno5 5G pada awal tahun, di mana perangkat ini menjadi seri 5G paling worth to buy di awal tahun,” ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada Telset pada Selasa (23/2/2021).

“Ke depan, Oppo berupaya untuk menyajikan lebih banyak perangkat 5G lagi, termasuk perangkat yang lebih terjangkau agar konsumen dapat merasakan terknologi 5G ini,” pungkasnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0