Catat! Ini 8 Cara untuk Membuka Blokir Internet di First Media

Telset.id, Jakarta – Salah satu keluhan yang biasa dialami pengguna First Media adalah sulit untuk mengakses situs internet yang diblokir. Oleh karenanya, Anda pun wajib untuk mengetahui cara membuka blokir internet di First Media.

Sebenarnya, bukan hanya First Media saja yang memblokir situs ataupun aplikasi yang terlarang. Hampir semua provider atau layanan internet yang beroperasi di Indonesia juga melakukan hal yang sama.

Namun demikian, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan beberapa tips berikut ini. Ya, sekarang tim Telset akan memberikan informasi seputar cara membuka blokir internet di First Media. Yuk disimak!

{Baca juga: Cara Root HP Android dengan & Tanpa Bantuan PC, Tips Terbaru 2021}

Cara Buka Blokir Internet First Media 

Terdapat 8 cara yang bisa Anda coba untuk membuka blokir layanan internet First Media. Masing-masing cara tersebut cukup mudah dilakukan, dan Anda pun bisa langsung mengakses situs tanpa batas asalkan bertanggung jawab. Check this out!

1. Membuka Blokir First Media Lewat VPN 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara pertama adalah dengan membuka blokir dengan aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, App Store, atau situs lainnya. Dengan menggunakan VPN ,Anda dapat mengakses situs yang diblokir.

Anda disarankan untuk mengunduh aplikasi VPN yang berbayar agar lebih aman. Mengingat, tidak sedikit aplikasi VPN gratis yang justru berbahaya bagi keamanan data pribadi Anda.

2. Membuka Blokir Internet First Media dengan Menggunakan Opera 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara kedua dengan menggunakan Opera Browser. Sekadar informasi, browser Opera sudah memiliki aplikasi VPN bawaan sehingga Anda tidak perlu menambah ekstensi atau membuka situs proxy terlebih dahulu.

Dengan Opera Mini, Anda bisa lebih leluasa mengakses situs yang dibatasi atau diblokir oleh penyedia layanan internet seperti First Media. Opera memberikan perlindungan bagi penggunanya saat tengah mengakses jaringan publik.

{Baca juga: Cara Blokir Email di Gmail dan Yahoo Mail, Bersih-bersih Spam!}

Namun perlu diingat, Anda jangan lupa melindungi perangkat dengan aplikasi antivirus agar tetap terlindungi dari virus dan malware yang sangat berbahaya.

3. Manfaatkan Alamat IP 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara ketiga, akses situs yang diinginkan dengan mengetikkan alamat IP-nya. Terkadang, situs-situs yang diblokir hanya didata dan disimpan dengan memakai nama URL saja. Jika jeli, situs tersebut masih dapat diakses begitu alamat IP diketikkan pada browser.

Cara memperoleh alamat IP situs juga mudah dilakukan. Anda tinggal melakukan ping lewat Command Prompt atau CMD, misalnya “ping www.namasitus.com” dan tunggu beberapa saat sampai alamat IP akan muncul.

Salin alamat IP di browser dan Anda bisa mengakses situs tersebut tanpa khawatir diblokir oleh First Media.

4. Membuka Blokir First Media Lewat SSH 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara keempat dengan memanfaatkan fitur Secure Shell atau SSH. SSH bertindak sebagai jaringan pelindung saat terjadi pertukaran data selama kegiatan browsing berlangsung.

Jika Anda memakai SSH, maka perlu bantuan pihak ketiga khususnya saat melakukan SSH tunneling. Untuk mencobanya, Anda terlebih dahulu membuka situs FastSSH.com

Pilih server Indonesia dan dan buat akun Fast SSH Indonesia. Setelah Anda memiliki username, password, dan host IP address SSH, lanjutkan dengan mengunduh KPN Tunnel Revolution.

Saat aplikasi ini terpasang, atur aplikasi dan isi bagian Host/IP sesuai format yang Anda dapatkan, beserta username dan password. Setelah itu aktifkan fitur Auto Reconnect dan ketikkan www.bing.com pada kolom URL Pinger.

Langkah terakhir, aktifkan Custom DNS sehingga Anda bisa memakai Setting Default pada aplikasi. Segera balik ke halaman utama dan mulai pakai SSH dengan klik Start. Hasilnya Anda dapat membuka berbagai situs yang diblokir First Media.

Harus diakui bahwa cara ini jauh lebih rumit ketimbang cara-cara yang lain namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Cara Membuka Blokir Internet First Media Lewat Situs Proxy 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Kelima Anda dapat membuka blokir melalui situs proxy. Sekedar informasi, proxy adalah situs yang memungkinkan Anda seolah-olah mengakses situs dari tempat berbeda, bukan tempat yang Anda sekarang.

Ada berbagai situs proxy yang dapat membantu Anda mengakses kembali situs yang terlanjur diblokir. Beberapa situs yang direkomendasikan antara lain hide.me, whoer.net, dan kproxy.com.

Caranya cukup mudah yakni dengan mengetik alamat situs proxy dan masukkan URL situs yang ingin Anda akses. Tunggu beberapa saat sampai situs tersebut bisa terbuka.

6. Membuka Blokir Internet First Media Menggunakan Google Translate

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara keenam untuk blokir internet First Media adalah dengan menggunakan Google Translate. Hal ini karena Translate bertugas memotong pembatas suatu situs dengan mengubah konten situs tersebut ke dalam bahasa lain.

Caranya buka halaman Google Translate. Ketik alamat situs yang ingin diakses di kolom sisi kiri.

Kemudian, kolom sisi kanan akan menayangkan hasil terjemahan dari alamat URL yang serupa. Klik link tersebut dan situs bisa diakses dan terbebas dari pemblokiran.

7. Membuka Blokir dengan Internet Archive 

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara lain adalah dengan mengunjungi situs archive.org atau Wayback Machine. Situs ini menyediakan salinan banyak situs internet dalam rentang waktu tertentu.

{Baca juga: Cara Blokir Iklan Pop-up di Android Tanpa Aplikasi}

Dengan data salinan di archive.org, Anda bisa mengakses bermacam-macam versi situs yang sempat terekam Wayback Machine, termasuk melacak konten yang telah diblokir.

8. Membuka Blokir Lewat Penambahan Extension pada Browser

Cara Membuka Blokir internet First Media

Cara terakhir untuk membuka blokir internet di First Media adalah dengan menambah extention di browser yang ada di PC atau laptop. Salah satu ekstensi yang digunakan adalah AnonymoX.

Ekstensi ini bertugas menyembunyikan lokasi tempat Anda membuka situs dengan mengenkripsi alamat IP sehingga lalu lintas koneksi menjadi tidak terlihat dan tidak terpantau.

Ekstensi seperti AnonymoX bisa Anda pasang jika memakai browser Firefox atau Google Chrome di komputer untuk membuka blokir First Media.

Nah, demikian informasi mengenai cara membuka blokir internet First Media. Semoga informasi ini bermanfaat dan silakan mencobanya ya, sob! (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -