Cara Mudah Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form

membuat kuesioner Google Forms
Panduan untuk Membuat Kuesioner di Google Form

Telset.id, JakartaGoogle menyediakan banyak layanan yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Salah satunya adalah layanan untuk membuat kuesioner dengan memanfaatkan Google Form.

Kuesioner digunakan untuk menghimpun informasi dari banyak orang, kemudian data yang dikumpulkan dapat dianalisis. Biasanya mahasiswa membuat kuesioner skripsi dengan Google Form.

Dengan memanfaatkan Google Form, Anda dapat dengan mudah membuat kuesioner secara gratis dan tanpa perlu ribet.

Buat Anda yang ingin membuat kuesioner dengan mudah, berikut ini kami bagikan cara membuat kuesioner di Google Form. Yuk disimak!

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Sebagai informasi tambahan, cara ini bisa Anda lakukan melalui PC, laptop atau smartphone. Sehingga cara ini juga bisa Anda lakukan untuk membuat Google Form di HP Android.

  • Buka browser, bisa Google Chrome, Opera atau Mozilla Firefox
  • Kunjungi laman Google Form.
  • Login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Gmail yang Anda miliki.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih beragam template form yang bisa digunakan.

template google form

  • Jika Anda ingin membuat kuesioner dari awal, pilih format Blank
  • Di tab Questions, Anda bisa memberi judul kuesioner, keterangan dan metode pengisian kuesioner dan lain sebagainya.
  • Buat pertanyaan kuesioner dan pilihan opsi jawaban yang sesuai dengan metode yang Anda gunakan.

questions Google Form

  • Anda bisa menambahkan jumlah pertanyaan sesuai yang Anda butuhkan
  • Setelah selesai, pilih icon Send di bagian kanan atas.
  • Akan muncul kotak dialog yang memungkinkan Anda memilih mengirimkan kuesioner yang telah Anda buat langsung melalui email atau link.

template google form

  • Selesai! Kini Anda membagikan kuesioner tersebut ke orang-orang yang ingin Anda ketahui jawabannya.

Untuk melihat jawaban yang telah diberikan, Anda bisa membuka tab Responses. Akan terlihat berapa banyak data yang sudah berhasil terkumpul.

{Baca Juga: Cara Download Data dari Akun Google, Mudah dan Efektif}

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Setelah mengetahui cara membuat kuesioner melalui Goole Form, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari Google Form.

Kelebihan Google Form

Gratis. Salah satu kelebihan utama dari Google Form adalah layanan yang bisa digunakan secara gratis. Pengguna tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli atau berlangganan.

Mudah dimengerti. Google Form memiliki tampilan antarmuka yang cukup simpel dan mudah dimengerti. Tentunya ini tidak akan membuat pengguna awam bingung saat pertama kali menggunakannya.

Data Real Time. Kelebihan lain yang dimiliki Google Form adalah hasil kuesioner yang real time. Sehingga data yang diperoleh bakal terus diupdate saat ada data baru yang masuk

Banyak Metode Kuesioner. Google Form menyediakan banyak metode pengisian kuesioner. Mulai dari pilihan ganda, jawaban singkat, paragraf dan lain sebagainya.

Kekurangan Google Form

Tidak Ada Notifikasi Email. Meski harus login menggunakan akun email, namun Anda tidak akan memperoleh notifikasi ke email apabila ada responden yang telah mengisi kuesioner tersebut.

Mau tidak mau, Anda harus mengeceknya secara manual di kolom respons yang ada di Google Form yang telah Anda buat.

Tidak Ada Riwayat Editing. Google Form juga tidak menyediakan riwayat setelah Anda mengedit kuesioner tersebut. Sehingga Anda tidak akan bisa mengetahui perubahan apa saja yang sudah dibuat.

Well, itu dia tadi panduan membuat Google Form beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa berguna untuk Anda yang membutuhkannya. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here