HOW TO

Cara Jadwalkan Live di Instagram, Bisa Diatur Sampai 90 Hari

Naufal Mamduh
Share

Telset.id – Live Instagram kini semakin seru berkait fitur jadwalkan live. Fitur yang membuat pengguna menjadwalkan live Instagram mereka bahkan sampai 90 hari sebelum siaran langsung. 

Instagram menambahkan fitur baru untuk menu Live Instagram. Mulai hari ini pengguna bisa menjadwalkan live streaming mereka. Durasinya bisa 1 jam sebelum streaming atau H-90 sebelum live dilakukan.

Selain itu pengguna juga bisa memposting jadwal live di Feed atau Instagram Stories. Nantinya followers Anda jadi bisa tahu jadwal streaming sehingga tidak kelewatan saat streaming berlangsung. 

Baca juga: Instagram Uji Fitur Notifikasi Pas Layanannya Down

“Going Live menjadi berbeda ketika pengikut Anda datang. Penjadwalan Langsung memungkinkan Anda menjadwalkan streaming hingga 90 hari sebelumnya dan pengikut dapat menyetel pengingat untuk mendengarkan,” kata Instagram lewat Twitter. 

Cara Menggunakan Fitur Jadwalkan Live Instagram

Fitur jadwalkan live sudah hadir di iOS atau Android. Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah dan berikut ini cara lengkapnya:

Baca juga: Instagram Kembangkan 3 Fitur Khusus untuk Remaja

  • Buka akun Instagram Anda dan klik Cerita Anda di bagian kiri atas halaman aplikasi.

  • Pilih menu Langsung dan pilih ikon berbentuk kalender.

  • Di kolom judul, silakan Anda masukkan judul untuk live Instagram Anda, lalu pilih Waktu Mulai yang berada di bawahnya.

 

  • Silakan masukkan tanggal untuk jadwal live Instagram. Jika sudah selesai, silakan Anda klik menu Selesai.

  • Pastikan jadwal yang Anda tulis benar, dan klik Jadwalkan Video Siaran Langsung.

  • Nantinya akan ada notifikasi untuk Anda jika sudah mendekati jadwal yang ditentukan. Sedangkan jika Anda ingin membagikan jadwal kepada pengikut Anda, caranya dengan klik Bagikan sebagai Postingan.

  • Silakan Anda masukkan foto dan caption yang sesuai untuk kemudian diposting di Feed Instagram dengan klik tanda centang biru di kanan atas.

  • Berikut ini tampilan dari postingan mengenai jadwal live Instagram. Terlihat ada ikon kalender beserta informasi mengenai tanggal mulainya live IG Anda.

  • Sedangkan untuk mempostingnya ke Instagram Stories, Anda tinggal memposting Feed yang tadi di Stories agar bisa dilihat oleh pengikut Anda. Nantinya bagi pengikut Anda yang tidak mau ketinggalan live Instagram, silakan klik Ingatkan Saya.

Demikian informasi mengenai cara menjadwalkan Instagram Live. Oh iya rencananya Instagram juga akan menghadirkan Practice Mode atau Mode Latihan. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan gladiresik dan mengetes mengenai gambar dan audio sebelum live. 

Baca juga: Facebook dan Instagram Gangguan Lagi

Namun sambil menunggu Practice Mode dirilis, Anda bisa menggunakan fitur jadwalkan live Instagram ini sekarang. Selamat mencoba. [NM/HBS]

 

Leave a Comment