telset

Cara ‘Bersih-bersih’ Email Lama di Akun Gmail

Telset.id, Jakarta – Mungkin Anda kaget saat mendapat pemberitahuan dari Google bahwa akun Gmail sudah tidak bisa menerima email karena kapasitasnya kepenuhan. Tak usah panik, karena cara hapus email lama di akun Gmail sangat mudah.

Tak terasa lagi kini kita sudah ada di penghujung tahun. Banyak hal yang bisa dilakukan di penghujung tahun seperti ini, untuk menyongsong tahun yang baru.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beres-beres. Banyak hal yang bisa Anda bereskan, salah satunya adalah tumpukan email yang sudah bersarang di akun Gmail Anda semenjak beberapa tahun ke belakang.

{Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh}

Kenapa Anda harus rutin membersihkan akun Gmail? Yup, jika Anda tidak rutin menghapus email lama Anda, maka yang terjadi adalah kapasitasnya akan penuh dan berakibat tidak bisa menerima email masuk.

Nah, bagi Anda yang berencana menghapus tumpukan email tersebut, tim Telset punya trik yang akan sangat berguna bagi Anda. Trik ini akan menyelamatkan waktu Anda dalam menghapus e-mail dengan jumlah yang sangat banyak.

Cara pertama yang Anda bisa lakukan adalah dengan mengetik perintah older_than: atau newer_than:, di kotak pencarian Gmail. Perintah ini akan menunjukkan e-mail yang dimulai dari waktu yang kita pilih.

Parameter yang bisa digunakan adalah ‘d‘ (menunjukkan hari), ‘m‘ (menunjukkan bulan), dan ‘y‘ (menunjukkan tahun). Misalhnya older_than: 1y, maka Gmail akan menunjukkan seluruh email yang lebih tua dari 1 tahun.

Perintah kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan after: before:, older_than:, atau newer_than:. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat mencari email dengan tanggal yang lebih spesifik lagi.

{Baca juga: Cara Menjadikan Gmail Sebagai Email Default di iOS 14}

Contohnya, kita akan mencari email yang sudah ada di dalam kotak masuk sebelum tahun 2017, maka yang kita ketik adalah older_than: 2020.

Nah, setelah mendapatkan email yang kita ingin hapus, yang perlu dilakukan adalah mencentang kotak di pojok kiri atas bertuliskan Select All. Setelah itu, kita dapat langsung menghapus seluruh email yang tidak kita inginkan.

Caranya sangat mudah bukan. Nah, menjelang akhir tahun, sekarang saatnya Anda ‘bersih-bersih’ email lama di akun Gmail Anda. Selamat mencobanya. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0