Ingin Download Game PS4 Lebih Cepat? Ikuti Cara Ini

Cara meningkatkan kecepatan download game PS4 dengan cepat

Telset.id – Sering kesal kecepatan download di PS4 sangat lambat? Jangan khawatir, kami bakal memberikan cara ampuh untuk meningkatkan kecepatan download game PS4, biar Anda bisa unduh permainan favorit dengan cepat dan lancar.

Dari beberapa informasi yang kami himpun di internet, konsol PlayStation kerap kali memiliki kecepatan unduh yang lambat. Masalah ini pun terjadi di PlayStation 4.

Oleh karenanya, kali ini tim Telset akan memberikan cara download game PS4 dengan cepat sebagai solusi masalah tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara untuk meningkatkan kecepatan download game PS4 agar Anda bisa segera mengunduh permainan favorit dengan cepat. Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: Daftar Cheat Lengkap GTA 5 PS3, PS4, Xbox & PC Terbaru}

Cara Download Game PS4 dengan Cepat

Cara meningkatkan kecepatan download game PS4 dengan cepat

PS4 memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para gamer, meskipun PlayStation 5 atau PS5 sudah dijual resmi. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan, salah satunya adalah pilihan game yang sangat banyak dan bervariasi.

Kendati demikian, bukan berarti PS4 tidak memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling mengganggu adalah kecepatan download game yang lambat, terlepas dari koneksi internet Anda.

Bahkan kecepatan download game di PS4 jauh lebih lambat dibandingkan Xbox One dan PC. Sebagai contoh, jika mengunduh game di PC bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 20 menit, maka untuk PS4 memerlukan waktu hingga satu jam.

Mengapa demikian? PS4 dirancang untuk mengunduh data dari PSN. Nah, PSN harus “menunggu” PS4 mengatur data saat diunduh.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa download game di PS4 secara cepat dengan beberapa tips dari kami. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

{Baca juga: Catat! 10 Game PS4 Ini Tidak Bisa Dimainkan di PS5}

1. Set Jaringan Internet

meningkatkan kecepatan download ps4
Foto: Business Insider

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan download PS4 adalah mengatur jaringan internet di konsol Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol PlayStation pada kontroler untuk membuka menu PlayStation.
  • Kemudian, pilih menu Settings untuk mengakses pengaturan konsol.
  • Klik Network, dan pilih Set Up Internet Connection.
  • Ada dua opsi jaringan yang bisa Anda pilih, yakni Use Wi-Fi dan Use a Local Area Network (LAN) Cable.
  • Jika sudah memilihnya, pilih opsi Custom yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan DNS atau MTU secara manual. Pengaturan ini berguna untuk meningkatkan kecepatan unduhan.
  • Lalu, tekan Automatic dan pilih Do Not Specify untuk melewati opsi pengaturan manual lainnya selain pengaturan DNS pada konsol.

2. Ubah Pengaturan DNS

Cara meningkatkan kecepatan download game PS4 dengan cepat

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, dengan mengubah pengaturan DNS atau MTU pada konsol akan meningkatkan kecepatan download game di PS4.

  • Pilih opsi Manual yang berada di bawah Do Not Specify.
  • Untuk mengatur DNS, masukkan alamat utama dan alternatifnya sesuai keinginan.
  • Beberapa alamat DNS yang kami rekomendasikan adalah, Google 8.8.8.8 untuk Primary dan 8.8.4.4 untuk Secondary. Bisa juga menggunakan alamat OpenDNS 208.67.222.222 untuk Primary dan 208.67.220.220 untuk Secondary.
  • Pilih Next dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

{Baca juga: Link Download Genshin Impact untuk Android, iOS, PC, dan PS4}

3. Mengubah Pengaturan MTU

Cara meningkatkan kecepatan download game PS4 dengan cepat
Foto: TrendCruze

Usai mengubah pengaturan DNS, tugas Anda selanjutnya adalah menyesuaikan MTU. Berikut caranya:

  • Usah memilih Next di pengaturan DNS, tekan Manual pada layar MTU Settings.
  • Kemudian, masukkan nilai MTU yang baru. Anda bisa mencoba memasukkan angka 1473 sebagai nilai MTU resmi yang dianjurkan PlayStation. Jika gagal, coba masukkan 1450.
  • Setelah itu, tekan Next dan pilih Do Not Use. Tekan kembali Next, dan Anda akan langsung masuk ke halaman untuk menguji koneksi internet.
  • Sekarang, coba download game yang Anda inginkan. Setelah DNS dan MTU di ubah, kecepatan unduhan biasanya akan meningkat.

4. Solusi Lainnya

Cara meningkatkan kecepatan download game PS4 dengan cepat

Pertanyaannya, bagaimana jika tiga langkah-langkah di atas ternyata belum berhasil? Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di sini, yang mungkin bisa membantu meningkatkan kecepatan download game di PS4.

    • Periksa FUP Internet

Jika Anda berlangganan internet unlimited, biasanya pemakaian internet Anda akan dibatasi oleh FUP alias Dair Usage Policy.

Apabila FUP di rumah Anda sudah melewati batas normal (biasanya sekitar 300GB), Anda disarankan untuk menunggu hingga tanggal 1 bulan berikutnya atau meningkatkan paket langganan dengan FUP yang lebih besar.

    • Periksa Bandwidth Modem

Apabila Anda menggunakan modem murah, biasanya hanya dapat mengalirkan bandwidth terbatas. Jika Anda benar-benar membutuhkan koneksi internet super kencang, pertimbangkan untuk membeli modem baru.

    • Periksa Jaringan WiFi

Jika Anda menggunakan modem WiFi dan tidak dapat terkoneksi ke jaringan seperti biasa, cobalah untuk masuk ke halaman admin modem Anda untuk mengecek siapa saja yang terhubung ke jaringan Anda.

Sebab, jika jaringan WiFi dipadati perangkat lain, pastinya kecepatan unduh akan berkurang dari biasanya.

    • Update Firmware PS4

Terakhir, pastikan firmware PS4 milik Anda sudah diperbarui. Dengan memperbarui sistem, tentu saja akan memperbaiki bug atau masalah yang ada, seperti lambatnya download game di konsol.

Selesai! Demikian cara untuk meningkatkan kecepatan unduh di PS4 agar Anda dapat download game dengan cepat dan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencobanya! (MF)

Previous article15 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan dengan USB OTG
Next articleDrone Canggih DJI FPV Mendarat di Indonesia, Segini Harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here