Home HOW TO Begini Cara Share Lokasi di Google Maps, Whatsapp, Line, Facebook

Begini Cara Share Lokasi di Google Maps, Whatsapp, Line, Facebook

Telset.id –  Setiap pengguna smartphone apalagi yang berjalan di sistem operasi Android tentu menggunakan salah satu layanan dari Google yakni Google Maps. Nah tahukah Anda jika layanan yang memudahkan kita untuk mencari arah dan tempat tersebut baru saja mendapatkan pembaruan dari sang raksasa pencarian, Google?

Ya, pembaruan tersebut adalah kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi lokasi dengan kontak entah itu kontak telepon atau teman di berbagai media sosial lainnya seperti WhatsApp, BBM, Facebook, twitter, line dan lainnya.

Cara Share Lokasi Google Maps

Bagi Anda yang belum tahu dengan fitur share location atau berbagi lokasi di google maps, kami akan memberikan cara agar Anda bisa share lokasi pakai Google Maps kepada orang-orang terpercaya entah itu teman, keluarga atau pacar. Yuk ikuti caranya!

    • Pertama tentunya buka aplikasi Google Maps di Android Anda.
    • Jika sudah, tekan tombol berbentuk “hamburger” yang berada di kiri atas layar, dan tekan opsi Share Location, tepat di bawah Your Contribution.
    • Selanjutnya, tekan tombol Get Started, Nah ada dua pilihan batasan waktu yang bisa Anda gunakan untuk berbagi lokasi secara real-time. Pertama adalah batasan waktu minimal 1 jam dan maksimal 3 hari. Kedua Anda bisa berbagi lokasi tanpa batasan waktu, namun bisa dihentikan ketika Anda mematikan fitur ini sesuai keinginan.

{Baca juga: Ada Panduan Jalur Sepeda di Google Maps, Termasuk “Jalan Tikus”}

  • Untuk membagikan lokasi, secara default ada tiga pilihan yakni Select PeopleMessages, dan More. Khusus untuk More, seperti yang disebutkan tadi, Anda bisa berbagi lokasi menggunakan media sosial atau layanan lainnya seperti Facebook, Gmail, WhatsApp, BBM, Line dan lainnya.
  • Jika sudah menentukan, nantinya akan terbuat link untuk bisa Anda kirim secara langsung.

Nah.. tips di atas adalah tentang bagaimana cara share lokasi menggunakan Google Maps. Lalu bagaimana jika sebaliknya, yaitu share lokasi dari aplikasi messaging semacam WhatsApp, Line, dan BBM, atau cara share lokasi melalui Facebook dan Twitter? Berikut adalah tutorial lengkapnya. Check this out!

Cara Share Location di WhatsApp

Pada dasarnya, Anda bisa share lokasi ke hampir semua platform messaging dan jejaring sosial melalui aplikasi Google Maps. Tapi terkadang, Anda butuh sharing lokasi pada saat menggunakan aplikasi messaging atau jejaring sosial tertentu. Tak terkecuali WhatsApp.

Pada aplikasi WhatsApp ini, setidaknya ada tiga jenis location yang bisa Anda share, yaitu lokasi tempat Anda berada, lokasi tertentu yang ingin Anda share, atau bahkan lokasi Anda secara realtime. Jenis yang terakhir memungkinkan orang yang Anda share untuk memantau keberadaan Anda dalam jangka waktu tertentu.

Misal selama satu jam, orang tersebut bisa memantau keberadaan lokasi Anda demi demi detik. FItur ini berguna jika, misal Anda ingin keberadaan Anda terpantau oleh orang rumah. Untuk alasan keamanan misalnya.

Berikut adalah beberapa cara share lokasi menggunakan aplikasi WhatsApp. Check this out!

{Baca juga: Google Maps akan Dapatkan Antarmuka Baru, Mirip Android Auto}

  1. Langkah pertama, buka aplikasi whatsapp, dan pilih kontak yang ingin Anda share lokasi
  2. Lalu klik tombol attach yang ada di samping kiri tombol send
  3. Lalu pilih location, dan pilih jenis lokasi yang ingin Anda share, yaitu send this/current location, share live location, atau pilih lokasi lain melalui fasilitas search.
  4. Jika Anda pilih share live location, Anda bisa menentukan berapa lama Anda share lokasi ke orang ssuai kontak yang Anda pilih.
  5. Selesai, selamat mencoba! Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat video di atas.

Cara Berbagi Lokasi di Facebook

Untuk share lokasi melalui Facebook, Anda bisa menginstall aplikasi Facebook Messenger terlebih dahulu. Setelah itu lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi facebook messenger, lalu pilih kontak
  2. Setelah itu, tekan tombol titik empat yang ada di kiri bawah layar
  3. Pilih opsi location, lalu Anda bisa share live location atau pilih titik lokasi sesuai yang ada di peta, lalu tekan send. Selesai.

{Baca juga: TomTom, Alternatif Google Maps untuk Ponsel Huawei ‘non GMS’}

Cara Share Location di Line

Sama seperti WhatsApp, Anda bisa melakukan share lokasi melalui aplikasi Line. Caranya pun kurang lebih sama, yaitu :

  1. Buka aplikasi Line, lalu pilih kontak
  2. Klik ikon + yang ada di kiri bawah layar.
  3. Lalu pilih opsi location, dan pilih titik lokasi yang ingin di share.

Itulah cara share lokasi pakai Google Maps. So, selamat mencobanya ya! (FHP/MS)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version