Ada Panduan Jalur Sepeda di Google Maps, Termasuk “Jalan Tikus”

Jalur Sepeda Google Maps

Telset.id, Jakarta – Olahraga sepeda sedang digandrungi, terutama di tengah pandemi Covid-19. Menyadari tren tersebut, Google Maps pun turut merilis fitur panduan jalur sepeda dan navigasi yang mengarahkan pengguna ke jasa penyewaan sepeda.

Dilaporkan GSMArena, permintaan navigasi jalur sepeda di Google Maps meningkat pesat hingga 69% selama pandemi. Google pun menanggapinya dengan merilis fitur navigasi jalur sepeda di aplikasi Maps.

Google memanfaatkan algoritma AI atau kecerdasan buatan, crowdsourced data, dan data yang dikumpulkan dari pemerintah kota setempat untuk memberikan panduan khusus bersepeda.

{Baca juga: TomTom, Alternatif Google Maps untuk Ponsel Huawei ‘non GMS’}

Melalui fitur tersebut, pengguna akan dipandu Google Maps agar melewati jalur khusus atau area yang ramah untuk olahraga sepeda. Pengguna juga dapat mencari “jalan tikus” atau jalur pintas menggunakan fitur ini.

Seperti dikutip Telset.id, Minggu (25/10/2020), selain navigasi sepeda, Google Maps menghadirkan fitur panduan yang mengarahkan pengguna ke tempat penyewaan sepeda yang tersedia.

Google Maps memiliki integrasi dengan beberapa layanan persewaan sepeda di berbagai kota untuk mempermudah proses pemesanan. Akan tetapi, belum diketahui kota atau negara mana saja yang sudah bisa merasakan fitur terbaru dari Google Maps tersebut.

Sebelumnya, Google memperkenalkan antarmuka baru untuk aplikasi peta Google Maps. Laporan menyebut, antarmuka baru tersebut akan menyerupai antarmuka mode mobil Android Auto.

Antarmuka baru Google Maps bertujuan untuk memudahkan pengguna menggunakan aplikasi saat sedang mengemudi mobil.

Perubahan terbesar adalah tombol gaya Android Auto dan panel navigasi layar beranda. Bagian bawah antarmuka baru aplikasi punya dua tombol untuk Asisten Google dan tampilan layar beranda mini.

{Baca juga: Google Maps akan Dapatkan Antarmuka Baru, Mirip Android Auto}

Tepat di atasnya, terdapat tombol pemutaran musik dari YouTube Music. Dari layar awal mini, pengguna dapat memiliki akses cepat ke aplikasi seperti YouTube Music, Spotify, Podcasts, serta pesan.

Pengguna juga dapat mengakses fungsi panggilan. Untuk kembali ke tampilan navigasi mode mobil, pengguna cukup mengetuk ikon Google Maps. Untuk memilih panggilan, ada opsi kontak terbaru di aplikasi. (NM/MF)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here