TomTom, Alternatif Google Maps untuk Ponsel Huawei ‘non GMS’

TomTom Huawei

Telset.id, Jakarta – Hingga kini, ponsel terbaru Huawei yang berjalan di EMUI berbasis Android AOSP belum bisa memanfaatkan seluruh layanan Google, termasuk Google Maps. Meski demikian, ada sejumlah aplikasi peta navigasi lain yang tersedia di App Gallery untuk smartphone Huawei, salah satunya adalah TomTom.

Tidak seperti Google Maps yang tersedia secara gratis selamanya, TomTom hanya bisa digunakan secara cuma-cuma pada 30 hari pertama saja.

Pengguna ponsel Huawei diharuskan untuk membayar Rp 34 ribuan per bulan atau Rp 227 ribuan per tahun untuk menggunakan aplikasi peta navigasi dari TomTom.

{Baca juga: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

Mengutip dari GSMArena, TomTom pada awalnya telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Huawei di awal tahun. Setelah itu, keduanya mengonfirmasi bahwa TomTom bersedia menjadi salah satu aplikasi peta navigasi di platform App Gallery milik Huawei.

Apabila Anda berminat untuk menggunakannya, Anda diharuskan untuk mengunduh beberapa peta untuk penggunaan offline.

TomTom juga memungkinkan para pengguna ponsel Huawei untuk menambahkan alamat rumah dan kantor, serta tempat menarik lainnya yang ingin dikunjungi.

Aplikasi ini juga memiliki peta navigasi yang lebih detail dan memberikan petunjuk soal layanan publik atau rekomendasi tempat kepada pengguna.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Sebelum TomTom, pengguna smartphone Huawei non GMS (Google Mobile Service) sudah dapat menggunakan aplikasi Here WeGo.

Here WeGo sebenarnya adalah aplikasi navigasi yang cukup populer dengan nama Here. Aplikasi ini telah ada sejak tahun 2013, dan pada tahun 2016 melakukan rebrand menjadi Here WeGo.

Sebelum masuk ke App Gallery, aplikasi navigasi Here WeGo telah berjalan di lebih dari 100 negara dengan pemetaan lebih dari 1.300 kota.

Seperti Waze maupun Google Maps, aplikasi peta ini pun menawarkan beragam mode perjalanan, mulai dari motor dan mobil, sampai kendaraan umum seperti kereta bawah tanah, bus, sepeda, kereta api, troli, ataupun kapal feri.

{Baca juga: Aplikasi Peta Here WeGo Kini Tersedia di Huawei App Gallery}

Bagi pengendara, sama seperti Google Maps aplikasi ini dilengkapi dengan panduan suara yang membantu pengguna untuk tetap fokus pada saat mengemudi sambil mendengar arah yang ditunjukan.

Here WeGo juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta offline di beberapa negara yang tersedia, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Kanada, Australia, dan lebih dari 100 negara lainnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here