Lebih dari 1 Juta Akun Google Diterobos ‘Gooligan’

Telset.id, Jakarta – Peneliti sekuriti Check Point Software Technologies Ltd menemukan sebuah jenis baru virus malware untuk ponsel Android, yang telah menginfeksi lebih dari satu juta akun Google.

Malware baru ini, yang diberi nama Gooligan, mampu mengakses data sensitif pengguna dan mengambil alamat email. Dengan informasi yang diambil, para penyerang mampu mengambil dan mengakses data sensitif dari Gmail, Google Photos, Google Docs, Google Play, Google Drive dan G Suite.

Head of mobile products di Check Point, Michael Shaulov mengatakan, pencurian lebih dari satu juta detail akun Google sangat mengkhawatirkan dan menggambarkan sebuah tahap baru di dalam penyerangan cyber.

“Kami melihat pergerakan strategi di dalam pikiran hackers yang sekarang cenderung menargetkan smartphone agar mereka bisa mengambil data sensitifnya,” ujar Michael Shaulov.

Shaulov mengungkapkan, bahwa setelah melihat serangan tersebut, Check Point langsung menghubungi tim security Google mengenai campaign cyber-attack ini.

“Kami menghargai bantuan Check Point atas masalah ini dan kita sudah bekerjasama untuk saling mengerti dan mengambil tindakan atas isu-isu tersebut. Sebagian dari upaya kami untuk melindungi konsumen kami dari kelompok malware Ghost Push ini adalah dengan menerapkan beberapa upaya untuk melindungi konsumen dan system Android tersebut secara langsung,” kata direktur Android Security di Google, Adrian Ludwig.

Google juga telah menghubungi pengguna yang telah terkena serangan cyber attack ini dan telah mencabut token mereka, menghapus apps yang terhubung dengan malware Ghost Push dari Google Play, juga menambahkan beberapa teknologi pelindungan pada teknologi Verify Apps.

Tim Mobile Research Check Point pertama kali menemukan kode Gooligan di dalam app SnapPea tahun lalu. Pada Agustu 2016, jenis baru malware ini kini muncul tiba-tiba dan sudah menginfeksi 13,000 ponsel per hari.

Sekitar 57 persen ponsel yang kena terletak di Asia dan 9 persen di Eropa.  Ratusan alamat email yang terkena berhubungan dengan dunia usaha di seluruh dunia.  Infeksi akan mulai saat pengguna men-download dan menginstall app yang telah tertular oleh Gooligan atau meng-click link berbahaya yang terdapat di pesan teks (SMS) yang bermaksud phishing.

Check Point menawarkan sebuah tool online gratis kepada para pengguna Android yang bisa memeriksa apakah akun mereka telah terkena serangan.

“Jika account anda telah diterobos oleh Gooligan, instalasi yang bersih pada operating system anda sangat diperlukan.  Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi manufaktur atau provider telepon genggam anda,” tambah Shaulov. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI