Bagaimana Cara Menggunakan Google Duo?

Telset.id – Apple FaceTime memang sangat mudah untuk digunakan, namun aplikasi itu hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS atau Mac saja. Google telah menghadirkan aplikasi pesaing dari FaceTime yang bisa bekerja dengan sangat baik di Android maupun iOS dengan nama Google Duo.

Google Duo pertama kali diperkenalkan pada acara Google I/O pada awal tahun bersama Allo aplikasi messaging lainnya dari Google. Saat ini Duo sudah tersedia namun tidak ada kabar dari Allo kapan akan dirilis.

Karena baru saja dirilis, mungkin beberapa dari Anda belum mengerti cara menggunakan aplikasi Google Duo. Tim Telset.id akan memberikan beberapa tips cara menggunakan Google Duo.

Duo Menggunakan Nomor Ponsel

google-duo-verify-phone-number

Salah satu aspek yang menarik dari Google Duo adalah aplikasi ini tidak membutuhkan akun Google layaknya aplikasi Google lainnya. Duo lebih membutuhkan nomor telepon Anda sebagai penggunanya ketimbang akun Google.

Saat pertama kali memulai Duo, Anda pasti akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel Anda. Kemudian Google akan mengirimkan pesan teks yang berisikan kode untuk dimasukkan ke dalam aplikasi untuk memverifikasi nomor Anda. Jika sudah selesai mendaftar, maka aplikasi siap untuk digunakan.

Fitur Knock Knock

google-duo-knock-knockSalah satu fitur pada Google Duo adalah Knock Knock. Ketika Anda bersiap untuk menelpon seseorang menggunakan Duo, Anda pasti akan memulai streaming video. Nah, hal ini memungkinkan orang yang ditelepon bisa melihat apa yang Anda lakukan saat menelponnya bahkan bisa menolak panggilan.

Namun Knock Knock ini tidak akan berfungsi jika kontak yang Anda telepon belum tersimpan pada ponsel. Jadi artinya fitur ini hanya berfungsi untuk kontak yang sebelumnya sudah tersimpan terlebih dahulu di ponsel Anda.

Saat mulai menelpon seseorang menggunakan fitur Knock Knock dan telpon sudah tersambung, maka Anda akan melihat tulisan ‘Your video is visible’. Itu artinya, teman atau orang yang ditelpon sudah bisa melihat Anda di layar.

Tapi jika Anda tidak menyukai fitur ini karena tak ingin aktifitas Anda terlihat, fitur Knock Knock bisa dimatikan. Caranya, dengan tap ikon menu yang ada di kanan atas layar, kemudian Settings > ganti Knock Knock menjadi Off.

Tambah atau Blokir Nomor

Duo juga membuat shortcut yang memudahkan penggunanya untuk menelpon seseorang di waktu yang akan datang. Anda bisa menekan dan menahan thumbnail untuk mengakses beberapa opsi tambahan seperti Remove from list, Block number, Add to contacts dan Start a video call.

Hapus Nomor Anda dari Duo

duo-unregister-phone-number

Jika ternyata Anda tidak begitu menyukai Duo, Anda bisa menghapus nomor Anda dari layanan ini sebelum menghapus aplikasinya. Caranya adalah tekan ikon menu di kanan atas layar, kemudian Settings > Unregister phone number. Beberapa saat kemudian Duo akan menampilkan peringatan bahwa nomor sudah tidak berada pada layanan Duo lagi.[FHP/HBS]

Related Articles

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -