7 Tips Rahasia Mendapatkan Hasil Pencarian yang Relevan di Google

Pencarian relevan Google

Telset.id – Mencari informasi di Google yang maksimal tidak hanya sekedar mengetik kata kunci saja. Terdapat beberapa tips rahasia yang dapat membantu untuk mendapatkan kata kunci sesuai hasil pencarian relevan di Google.

Selama ini banyak orang yang hanya mengandalkan kata kunci saja ketika mencari informasi yang mereka butuhkan di Google.

Tapi hasilnya terkadang informasi yang disajikan terlalu umum, dan Anda harus menyaring lagi supaya lebih relevan dengan data yang ingin dicari.

Padahal ada cara yang lebih jitu untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan. Untuk itu terdapat beberapa tips rahasia mencari informasi di Google yang bisa Anda gunakan.

Tips rahasia ini berkaitan dengan rentang waktu informasi dan data yang lebih relevan dengan kata kunci. Ada 7 tips yang bisa Anda gunakan.

Nah, biar tidak penasaran, berikut ini 7 tips pencarian relevan Google yang sudah Tim Telset.id rangkum. Yuk disimak.

Menggunakan Tanda Kutip (“….”)

Tips Google Informasi

Tips pertama adalah menggunakan tanda kutip (…. ). Dengan menggunakan tanda kutip Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih relevan dengan kata kunci yang Anda tulis di Google Search.

Misalnya dengan kata kunci Makalah Penelitian, maka Anda bisa menambahkan tanda kutip menjadi: “Makalah Penelitian”. Dengan begitu, hasil pencarian akan lebih relevan dengan kata kunci.

Filetype:

Tips Google Informasi

Tips kedua adalah menambahkan kata filetype: pada kata kunci yang Anda inginkan. Misalnya mengetik kata filetype:pdf jurnal sejarah, maka akan muncul jurnal-jurnal sejarah dengan format.

Maka nanti akan muncul Portable Document Format (PDF). Cara ini cocok bagi Anda mahasiswa yang ingin mencari jurnal, skripsi atau data-data pendukung untuk tugas kuliah Anda.

Menggunakan Tanda Tilde (~)

Tips Google

Tips ketiga adalah menambahkan tanda tilde (~) supaya pencarian lebih spesifik. Dengan menambahkan tanda tilde maka Google akan memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci.

Misalnya dengan mengetik kata ~Puisi, maka informasi akan lebih spesifik terkait dengan kata kunci puisi tersebut.

Cari Informasi Berdasarkan Rentang Waktu 

Tips Google

Tips keempat yang bisa Anda gunakan adalah mencari informasi di Google berdasarkan rentang waktu.

Misalnya, jika Anda ingin mencari smartphone yang dirilis pada tahun 2018 hingga 2019, maka Anda bisa mengetik kata kunci dengan menambahkan titik dua (:) diantara kata 2018 dan 2019. Jadi, ditulis: Smartphone 2018:2019.

Menggunakan Kata AROUND (+)

Tips kelima adalah menggunakan kata AROUND (+). Tips ini berguna jika Anda lupa sebuah kalimat khususnya pada kata di bagian tengah atau akhir.

Misalnya ketika Anda ingin mengetik judul film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” di Google, tapi Anda lupa 2 kata di tengah kalimat tersebut.

Maka caranya, Anda tinggal mengetik: Nanti Kita Cerita AROUND (2) Ini. Maka hasil yang akan muncul adalah informasi mengenai film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” tersebut.

Menggunakan Kata Site: 

Tips Google

Tips berikutnya adalah menggunakan kata site: untuk mencari situs dan topik khusus. Cara ini dibutuhkan agar pencarian Anda menjadi lebih fokus di Google.

Misalnya, ketika Anda ingin mencari informasi terkait smartphone Oppo di situs Telset.id, maka Anda bisa mengetik: site: Telset.id Oppo. Hasilnya akan muncul informasi terkait Oppo di Telset.id.

Menggunakan Tanda Garis (-) 

Tips

Tips terakhir adalah memberikan tanda garis () di tengah kalimat. Tips ini bisa Anda gunakan untuk menyaring informasi di Google.

Misalnya ketika Anda ingin mencari informasi terkait “Teori Komunikasi”, tapi Anda tidak ingin mendapatkannya dari situs dengan domain blogspot.com.

Untuk itu Anda harus mengetik: Teori Komunikasi -blogspot di mesin pencari Google. Hasilnya, Anda akan mendapatkan informasi terkait Teori Komunikasi dari berbagai situs yang bukan dari domain blogspot.

Itu tadi 7 tip pencarian Google yang bisa memudahkan Anda mencari kata kunci yang diinginkan, agar mendapatkan hasil yang lebih fokus dan relevan.

Tim Telset masih punya artikel tips lainnya yang menarik sob..

Tips Aman Membaca di Smartphone Agar Mata Tidak Rusak

Saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan premier. Apapaun bisa dilakukan di ponsel pintar, seperti membaca buku misalnya. Akan tetapi, makin sering menatap layar smartphone, maka membuat mata kita juga cepat lelah.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk memperhatikan tips membaca di smartphone agar mata tetap sehat dan tidak rusak.

Harus diakui, pergeseran ke era digital membuat perubahan pada banyak hal, termasuk cara orang ketika membaca. Tidak lagi membaca dalam bentuk fisik, kini orang lebih banyak baca di smartphone dengan beragam konten digital yang tersedia.

Kemudahan membaca ini semakin ditunjang dengan perangkat smartphone dan beragam aplikasi reader yang mendukung aktivitas membaca di mana saja dan kapan saja.

Untuk menunjang kegiatan membaca buku digital, pengguna smartphone pun perlu memperhatikan kesehatan mata. Paparan cahaya dari layar ponsel cerdas secara terus menerus dan dalam waktu lama bisa berpotensi merusak mata.

Nah, berikut ini beberapa tips membaca di smartphone yang baik agar mata tidak rusak.

Baca artikel selengkapnya di sini: {Tips Aman Membaca di Smartphone Agar Mata Tidak Rusak}

Bonus: 

{Tips Memilih Monitor Komputer yang Tepat untuk WFH}

{5 Tips Ampuh untuk Jadi Game Streamer Terkenal}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here