Tips Aman Membaca di Smartphone Agar Mata Tidak Rusak

Telset.id – Saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan premier. Apapaun bisa dilakukan di ponsel pintar, seperti membaca buku misalnya. Akan tetapi, makin sering menatap layar smartphone, maka membuat mata kita juga cepat lelah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memperhatikan tips membaca di smartphone agar mata tetap sehat dan tidak rusak.

Harus diakui, pergeseran ke era digital membuat perubahan pada banyak hal, termasuk cara orang ketika membaca. Tidak lagi membaca dalam bentuk fisik, kini orang lebih banyak baca di smartphone dengan beragam konten digital yang tersedia

Kemudahan membaca ini semakin ditunjang dengan perangkat smartphone dan beragam aplikasi reader yang mendukung aktivitas membaca di mana saja dan kapan saja.

Untuk menunjang kegiatan membaca buku digital, pengguna smartphone pun perlu memperhatikan kesehatan mata. Paparan cahaya dari layar ponsel cerdas secara terus menerus dan dalam waktu lama bisa berpotensi merusak mata.

{Baca Juga: Cara Aktifkan Focus Mode di ColorOS 7, Dijamin Fokus Kerja!}

Nah, berikut ini beberapa tips membaca di smartphone yang baik agar mata tidak rusak. Yuk disimak tips berikut ini!

Durasi Membaca

tips membaca di smartphone

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan ketika kita sedang membaca dengan smartphone, salah satunya adalah durasi atau lama waktu membaca.

Membaca sebaiknya tidak lebih dari satu jam. Jika ingin lebih, maka sebaiknya Anda perlu mengistirahatkan mata minimal 15 menit sebelum membaca kembali.

Saat istirahat, alihkan pandangan mata untuk melihat benda-benda berwarna hijau dan warna-warna alam semisal biru langit.

{Baca Juga: Cara Aktifkan Black Screen Mode di ColorOS 7, Biar Hemat Baterai}

Pengalihan ini membantu lapisan dalam bola mata yang bertugas menangkap warna dan cahaya hingga terbentuk zona Rhodopsin (salah satu senyawa vitamin A).

Rhodopsin yang berupa pigmen ini berada di sel fotoreseptor dari organ retina yang bertanggung jawab terhadap persepsi cahaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI