5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Pilih Aplikasi Terbaik

Tips internet stabil

Aplikasi video conference juga berpengaruh kepada kecepatan internet. Beberapa aplikasi video conference menawarkan kebutuhan internet yang ringan atau bandwidth yang kecil.

Google Hangouts, Zoom, Webex, atau Skype misalnya. Ke empat aplikasi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda.

{Baca Juga: Irit-iritan Bandwidth 4 Aplikasi Video Conference Populer, Siapa Terbaik?}

Zoom menjadi aplikasi video conference dengan kebutuhan bandwidth kecil. Otomatis, aplikasi itupun membutuhkan data yang kecil, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi paket data selama telekonferensi.

Namun, bukan berarti aplikasi dengan kebutuhan bandwidth besar itu jelek. Sebab, aplikasi seperti Webex membutuhkan bandwidth yang besar, tapi umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Atur Kualitas Audio/Video

Tips internet stabil

Apabila internet sedang tidak stabil alias lambat, Anda bisa mengatur kualitas video dan audio ke level yang lebih rendah. Tujuannya, agar pengguna tetap terhubung ke percakapan, meskipun dengan kualitas audio dan video seadanya.

Misalnya, apabila kualitas video HD membuat internet menjadi lambar, Anda bisa menurunkannya ke kualitas SD, atau lainnya.

Tapi biasanya, beberapa aplikasi video conference secara otomatis dapat menyesuaikan kualitas gambar dan audio sesuai dengan kecepatan internet yang tersedia. Sehingga pengguna tidak perlu repot melakukan pengaturan secara manual.

Nah, itulah tadi tips dari kami agar internet tetap stabil dan tidak lambat selama video conference. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian, terutama yang sedang menjalani WFH, dan belajar online. Selamat mencoba! (IR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -