4 Tips Mudah Tambah Memori Penyimpanan MacBook

Telset.id – MacBook merupakan salah satu laptop yang dikenal handal dan memiliki fitur berkualitas tinggi. Sayangnya, laptop besutan Apple tersebut dibanderol dengan harga yang mahal, apalagi dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Sehingga, banyak orang lebih memilih untuk membeli MacBook dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.

Nah, dalam tulisan kali ini tim Telset.id akan memberikan tips cara menambah storage MacBook dengan mudah.

Kami akan memberikan 4 tips yang berbeda, yang bisa Anda gunakan atau manfaatkan untuk menambah memori penyimpanan MacBook, sekaligus mengatasi masalah kapasitas penyimpanan yang kecil. Yuk simak cara menambah memory MacBook berikut!

{Baca juga: Pakai Prosesor MacBook, Kinerja iPad Terbaru Sekelas Komputer}

Gunakan Hardisk atau SD Eksternal

tambah memori macbook Hardisk atau SD Eksternal
Ilustrasi Harddisk eksternal (Foto: Istimewa)

Hardisk eksternal biasanya digunakan untuk menjadi tempat penyimpanan data cadangan. Kapasitasnya beragam, dengan harga yang biasanya ramah di kantong pengguna MacBook.

Walaupun memiliki kelemahan, yaitu menyita satu port USB di MacBook ketika dioperasikan, tetapi keunggulannya cukup sepadan karena bisa menyimpan berbagai file media dalam jumlah besar, dokumen yang diarsipkan, data pekerjaan, dan lainnya.

Selain hardisk eksternal, pengguna MacBook keluaran lama bisa memanfaatkan slot kartu SD. Keunggulannya adalah fitur ini memungkinkan mereka memindahkan data dengan cepat tanpa, sekaligus dipakai untuk memperluas penyimpanan MacBook.

{Baca juga: Pengguna MacBook Air Kini Bisa Ganti Baterai Sendiri}

Thunderbolt RAID Systems

Tambah Memori Penyimpanan MacBook
Thunderbolt RAID Systems

Thunderbolt adalah teknologi transfer data super cepat yang dikembangkan oleh Apple dan Intel. Teknologi ini, lebih baik daripada port USB standar, dan dianggap lebih cocok digunakan untuk mentransfer atau mengakses file pada perangkat penyimpanan eksternal.

Sedangkan RAID (Redundant Array of Independent Disks), menggunakan dua atau lebih drive yang dapat dipakai dengan menggunakan teknik mirroring untuk menjamin keamanan pada seluruh data yang ada.

Keunggulan dari kombinasi antara Thunderbolt dan RAID adalah, menghadirkan jenis drive eksternal yang baru dengan banyak ruang untuk hard drive.

Upgrade SSD

Tambah Memori Penyimpanan MacBook

Tips selanjutnya adalah menggunakan SSD. Namun, tips ini ada kelemahannya, yakni laptop harus dibongkar utnuk mengganti hardisk bawaan, dan berdampak pada hilangnya garansi laptop jika masih ada.

Apalagi pada model MacBook terbaru, SSD disolder ke logic board, sehingga sulit untuk ditingkatkan kapasitas penyimpanannya. Kecuali, Anda memilih program upgrade dari Apple yang mencakup semua kebutuhan, termasuk meningkatkan kapasitas penyimpanan di laptop itu.

{Baca juga: MacBook Pro & iMac Pro Tak Bisa Diperbaiki Pihak Ketiga}

Manfaatkan Cloud

cloud macbook

Cloud bisa menjadi solusi paling ampuh untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan pada MacBook. Pengguna hanya perlu menggunakan penyimpanan berbasis cloud sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Cara ini, sebenarnya memiliki kelemahan pada kecepatan yang bergantung pada koneksi internet.

Sehingga, tips ini akan menjadi sedikit tantangan bagi pengguna ketika mereka berada di lokasi yang sulit koneksi internet. Sebab, mereka akan sulit mengakses data yang disimpan pada penyimpanan cloud mereka.

Itulah empat cara menambah storage MacBook yang bisa dicoba. Semoga membantu, ya!(WS/FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -