Pakai Prosesor MacBook, Kinerja iPad Terbaru Sekelas Komputer

Prosesor iPad Terbaru

Telset.id, Jakarta – Biasanya iPad hadir dengan chipset seri A atau sama dengan yang digunakan di iPhone. Namun, iPad terbaru kabarnya bakal mendapatkan peningkatan signifikan dalam hal spesifikasi yang membuatnya punya kinerja sekelas komputer.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset, Kamis (24/12/2020), tablet Apple seri yang baru akan menggunakan prosesor seri M. SoC itu biasanya digunakan Apple untuk komputer Mac berbasis ARM.

Taiwan’s Economic Daily News mengklaim bahwa Apple bakal memproduksi prosesor seri M yang akan digunakan oleh Mac dan iPad keluaran terbaru. Chipset ini akan memiliki variasi 3nm alias lebih efisien.

Apple kabarnya tengah merancang prosesor M1 di MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini agar dapat menjalankan aplikasi berbasis iOS. Kalau kabar tersebut memang benar, iPad terbaru punya kemampuan setara komputer.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Dengan kata lain, iPad di masa mendatang bakal dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak sekelas PC atau laptop. Apabila memang benar demikian, kinerjanya akan meningkat signifikan.

Saat ini, tablet Apple dipandang sebagai versi iPhone lebih besar. Maklum, perangkat ini tak ubahnya tablet yang berfungsi mirip seperti smartphone. Bedanya, tablet tersebut punya aplikasi tersendiri yang tidak bisa dipakai di iPhone.

Memberi kemampuan kepada iPad terbaru untuk menjalankan perangkat lunak sekelas desktop pasti akan membawa perubahan. Sayang, Apple belum bisa dimintai konfirmasi mengenai kebenaran kabar tersebut.

Sebelumnya, Apple mengumumkan keberhasilan mereka telah menjual lebih dari 500 juta iPad sejak seri pertama yang dirilis 2010 silam. Informasi tersebut diumumkan pada acara Special Event yang digelar pada pertengahan September lalu.

{Baca juga: Apple: Kami Berhasil Jual Lebih dari 500 Juta iPad}

Ini adalah pertama kalinya Apple memberikan informasi soal angka penjualan tablet mereka sejak 2018. Biasanya, perusahaan asal Cupertino itu cukup merahasiakan tentang hal ini dari ranah publik.

Apple mengatakan bahwa dari 53% pengguna yang membeli tablet iPad terbaru saat ini, merupakan pembeli iPad generasi pertama. Klaim itu seolah menggambarkan bahwa iPad sejauh ini memiliki kepuasan pelanggan yang tinggi dibandingkan tablet manapun. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here