Ini Penyebab Memori iPhone Cepat Penuh

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna iPhone mungkin sering heran memori internal ponsel cepat sekali terisi penuh, padahal Anda merasa file yang tersimpan tidak banyak. Banyak pengguna iPhone yang bertanya-tanya, apa yang menyebabkan memori internal iPhone cepat penuh?

Jika Anda membuka aplikasi settings dan memeriksa informasi tentang sisa kapasitas memori internal yang tersedia, Anda akan menemukan sebuah file misterius dengan label ‘other’ yang memiliki ukuran file cukup besar.

Christian Zibreg dari iDownloadBlog belum lama ini menunjukan hasil penelusurannya yang memperlihatkan isi konten dari file dengan label ‘other’ di dalam iPhone dan iPad.

Menurutnya, file dengan label ‘other’ di dalam iPhone dan iPad berisi:

  • Device settings
  • File suara dari Siri
  • File suara VoiceOver berkualitas tinggi
  • System data
  • File cache

Zibreg mengatakan bahwa dari berbagai macam kategori tersebut, file cache merupakan jenis file yang paling banyak mengambil ruangan pada perangkat Anda. Apple memang pernah menjelaskan bahwa jika Anda suka menikmati layanan streaming lagu ataupun film via iPhone, konten-konten yang dinikmati itu bisa disimpan sebagai file cache di dalam iDevice.

Masalah ini semakin rumit karena tidak ada cara untuk melihat sebagian besar aplikasi menyimpan data cache. Hal ini akan merepotkan bagi pengguna awam untuk menghapus file cache yang tak dibutuhkan.

Tapi masalah ini sebenarnya sudah bisa teratasi pada iOS versi terbaru, yang telah dilengkapi dengan fitur yang dapat menghapus file cache secara otomatis setiap kali mendeteksi bahwa ruang penyimpanan yang dibutuhkan tak mencukupi.

Nah, jika Anda memiliki banyak waktu dan ingin mengetahui tentang kategori ‘other’ di iDevice, Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di link ini. [HBS]

 

ViaBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI