telset
spot_img
spot_img

Xiaomi Garap Fast Charging 200W, Ngecas Penuh Cuma 8 Menit!

Telset.id, Jakarta – Teknologi fast charging terus berkembang menawarkan durasi pengisian daya yang lebih cepat. Terbaru, Xiaomi dikabarkan tengah mengembangkan teknologi fast charging dengan kecepatan 200W.

Dilansir dari GizChina, Rabu (12/1/2021), Xiaomi mendemonstrasikan pengisi daya baru, yaitu solusi pengisian kabel fast charging 200W dan wireless 120W. Teknologi baru tersebut memecahkan rekor pengisian daya,

Teknologi fast charging 200W dapat mengisi daya baterai 4.000 mAh dari 0% hingga 100% dalam waktu 8 menit, 10% dalam 44 detik, dan 50% dalam 3 menit.

Baca Juga: Harga Baru Redmi Note 10 5G di Indonesia

Selain itu, Xiaomi merilis chip ketiga yang dikembangkan sendiri bernama Surge P1 yang mewujudkan teknologi pengisian daya “sel tunggal 120W”.

Setelah 18 bulan penelitian dan pengembangan, Xiaomi dapat membuat chip yang mendukung solusi sel tunggal 120W. Ini jauh lebih sulit dicapai daripada solusi sel ganda 120W.

Menurut Xiaomi, desain sirkuit dan logika kontrol pengalihan mode 7 kali lebih rumit. Selain itu, rangkaian startup dan proteksi 9 kali lebih rumit. Demikian juga dengan desain sirkuit penggerak 6 kali lebih rumit.

Solusi Teknologi Xiaomi Fast Charging 

Xiaomi Fast Charging 200W

Sebelum menguji coba teknologi fast charging 200W, Xiaomi sudah sukses menemukan solusi pengisian daya 120W.

Baca Juga: POCO akan Bawa Banyak Kejutan di 2022

Seperti yang dijelaskan Xiaomi beberapa waktu lalu, sistem pengisian cepat sel tunggal untuk mengubah input tegangan 20V menjadi tegangan 5V ponsel untuk mengisi baterai akan memerlukan rangkaian seri-paralel dari 5 pompa pengisian daya yang berbeda.

Ditambah lagi, teknologi tersebut juga menyebabkan panas. Jadi tidak mungkin untuk mencapai daya penuh dalam waktu singkat. Sederhananya, untuk pembuat smartphone, terlalu sulit untuk mencapai pengisian cepat berdaya tinggi 120W.

Namun, Xiaomi menciptakan chip Surge P1 untuk mengatasi masalah ini dan mencapai pengisian cepat 120W. Apa yang telah dilakukan adalah mengembangkan dua chip pengisian daya pintar dan menggabungkannya menjadi satu pada Surge P1.

Baca Juga: Xiaomi 12 Segera Debut di Indonesia

Mereka mengambil alih struktur kompleks pompa 5 muatan tradisional. Surge P1 memiliki arsitektur efisiensi ultra-tinggi 4:1 dengan frekuensi switching adaptif. Teknologi ini juga mampu mengurangi panas dan turun hingga 30%.

Mengenai teknologi fast charging 200W, belum diketahui kapan fitur ini akan debut di smartphone besutan Xiaomi. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0