telset
spot_img
spot_img

Canggih! TV Ini Bisa Dijilat dan Keluarkan Rasa Makanan

Telset.id, Jakarta – Smart TV mungkin sudah menjadi perangkat yang jamak ditemui. Biasanya, dikenal karena kecanggihannya. Tapi, bagaimana dengan TV yang bisa dijilat dan penontonnya dapat mencicipi rasa makanan?

Dilansir dari BBC, Minggu (26/12/2021), Jepang mengembangkan sebuah prototipe layar TV yang bisa dijilat dan meniru rasa dari makanan. TV unik ini dikembangkan oleh seorang Profesor asal Jepang, Homei Miyashita.

Menurut Profesor dari Universitas Meiji ini, TV tersebut bisa digunakan untuk melatih koki atau sommelier – sebutan untuk ahli wine, dari jarak jauh.

Baca Juga: Samsung The Terrace Smart TV Anti Air

“Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di berbagai belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah,” katanya kepada Reuters.

Cara Kerja TV yang Bisa Dijilat

tv bisa dijilat

Dijuluki Taste-the-TV, sepuluh tabung menyemprotkan rasa ke “film higienis” yang digulung di atas layar untuk dijilat pemirsa.

Terdapat 10 kaleng berisi perasa yang bisa disemprotkan untuk menciptakan rasa makanan tertentu. Nantinya sampel rasa tersebut akan disemprotkan ke lapisan film.

Kemudian lapisan tersebut akan digulirkan ke depan layar TV dan pengguna bisa langsung menjilatnya untuk merasakan makanan tersebut.

Setelah selesai digunakan, lapisan tersebut akan langsung ditarik dan kemudian dibuang. Ini demi menjaga penggunaan film yang tetap higienis.

Seorang mahasiswa juga berkesempatan langsung menjajal TV yang bisa dijilat ini. Ia meminta TV untuk membuat cokelat manis. Setelah beberapa percobaan, pesanan langsung disemprotkan ke lapisan film tersebut.

Baca Juga: Install Aplikasi Android TV Lewat Smartphone

Setelah dirasakan, mahasiswa tersebut mengaku rasanya sesuai dengan coklat susu asli.

Tim pengembang juga menjelaskan bahwa mereka tengah dalam pembicaraan dengan produsen makanan untuk menerapkan teknologi tersebut, seperti menambahkan rasa ke roti bakar.

Baca Juga: Smart TV Coocaa Gunakan Coolita OS

Miyashita juga berharap nantinya akan ada konten rasa dari restoran di seluruh dunia yang bisa diunduh, sehingga pengguna bisa mencicipi makanan secara virtual.

Perihal harga, jika nantinya TV yang bisa dijilat tersebut dikomersialkan, banderol harganya sekitar 100.000 yen atau setara dengan Rp 12,4 jutaan. Hmm… tertarik untuk memilikinya? (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0