TSMC Sudah Siap untuk Garap Chip Snapdragon 8 Gen 3

Telset.id, Jakarta – Chipset Snapdragon 8 Gen 3 besutan Qualcomm, dilaporkan sudah mulai dipersiapkan untuk diproduksi oleh TSMC untuk sebagian besar smartphone flagship di tahun 2024.

Selain diproduksi oleh TSMC, ada kabar yang mengungkapkan bahwa chipset kelas atas dari Qualcomm akan di produksi juga oleh Samsung. Tujuan chip tersebut diproduksi oleh Samsung dan TSMC merupakan bentuk pengurangan biaya produksi dari chip ini.

Namun, menurut sebuah laporan, pabrikan chip asal Taiwan akan dapat memproduksi sebagian besar chip Snapdragon 8 Gen 2 karena tingkat keberhasilan produksi yang cukup tinggi di sekitar 80% dari proses 3nm-nya.

BACA JUGA:

Sebuah laporan Business Next, mengutip para ahli yang berspesialisasi dalam hal semikonduktor memberikan klaim bahwa node proses 3nm dari TSMC memiliki tingkat keberhasilan produksi sekitar 60-70 persen, dan bahkan dalam beberapa kejadian dapat mencapai keberhasilan produksi sampai 80 persen.

Presentase keberhasilan produksi chip yang tinggi ini memiliki bebragai faktor kunci yang memengaruhi tingkat hasil produksi, antara lain bahan baku, parameter, dan mesin, yang mana semuanya bervariaris.

Diprediksikan tingkat hasil produksi saat ini dari wafer (bahan baku chipset) GAA 3nm adalah 60-70 persen, tetapi TSMC berhasil mendapatkan tingkat hasil di kisaran 75 sampai 80 persen.

Jika informasi yang diberikan Business Next tersebut akurat, baik Apple maupun Qualcomm tidak akan memiliki masalah pengiriman dengan chipset generasi berikutnya, yaitu Apple A17 Bionic dan Snapdragon 8 Gen 3 yang akan diproduksi oleh TSMC.

Tetapi, proses produksi ini dapat menyebabkan biaya tambahan dan ada tingkat kerumitan pada saat produksi, yang mungkin membuat Qualcomm harus membebankan biaya lebih tinggi kepada brand smartphone yang menggunakan chipset ini.

BACA JUGA:

Jadi, bisa dikatakan bahwa smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3 di waktu yang akan datang, akan memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0