TSMC Pertimbangkan Bangun Pabrik Chip Pertamanya di Eropa

Telset.id, Jakarta – TSMC dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik pertamanya di wilayah Eropa, lebih tepatnya di Dresden, Jerman.

Pabrik TSMC yang sedang dipertimbangkan kemungkinan akan mulai dibangun pada tahun 2024 mendatang. Pabrik ini bertujuan untuk memenuhi permintaan chip yang diproduksi secara lokal dari industri mobil.

Dilansir Telset dari GizmoChina pada MInggu (25/12/2022), tim eksekutif dari TSMC akan mengunjungi Jerman pada tahun baru untuk membahas dukungan dari pemerintah lokal dan kapasitas rantai pasokan lokal untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Setelah kunjungan tersebut, TSMC akan membuat keputusan untuk menginvestasikan miliaran dolar di pabrik yang akan dibuat secepatnya itu.

BACA JUGA:

TSMC juga sedang dalam pembicaraan dengan beberapa pemasok bahan dan peralatan untuk menentukan apakah mereka dapat melakukan investasi di pabrik chip yang dipertimbangkan TSMC di Dresden, Jerman.

Jika rencana tersebut terealisasi, makan pabrik akan fokus memproduksi chip berukuran 22nm dan 28nm menggunakan lebih dari 50 jenis peralatan dan lebih dari 2.000 bahan, seperti bahan kimia dan gas industri.

Teknologi chip ini akan sama dengan yang direncanakan oleh TSMC untuk dibuat di pabrik yang berlokasi di Jepang dari kerja sama dengan Sony. Nanometer mengacu pada ukuran transistor pada chip. dengan ukuran yang lebih kecil menunjukan teknologi semikonduktor yang lebih baik.

Sementara itu, para pembuat chip global, seperti Intel dan Samsung memperluas kapasitasnya. TSMC sedang mempertimbangkan untuk memasuki pasar Eropa.

Tiga perusahaan pembuat chip terbesar di dunia berkomitmen untuk berinvestasi sebanyak USD380 miliar selama dekade berikutnya untuk membangun pabrik baru di Taiwan, Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Irlandia, dan Israel.

Undang-undang mengenai chip, yang disahkan oleh kongres Amerika Serikat pada tahun 2021 lalu, telah menarik sekitar USD200 miliar investasi swasta dalam kemungkinan membuat chip di negara tersebut, menurut Asosiasi Industri Semikonduktor

BACA JUGA:

Ekspansi yang cepat dari industri ini telah menimbulkan kekhawatiran akan adanya kelebihan pasokan chip jika ekonomi global mengalami perlambatan yang signifikan.

Namun, firma riset pasar Mordor Intelligence memperkirakan bahwa pasar semikonduktor akan tumbuh sekitar 6% dari tahun 2021 ke 2025, yang menunjukan permintaan akan chip kemungkinan akan tetap kuat

Keputusan Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan (TSMC) untuk membangun pabrik di Dresden akan bermanfaat bagi Uni Eropa, yang berusaha mengurangi ketergantungannya pada impor semikonduktor dari Asia.

UE menyetujui subsidi sebesar €43 miliar euro pada tahun 2021 untuk mendorong pembuat chip agar pindah ke Eropa. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0