TSMC Mulai Produksi Massal Chip 3nm Apple Minggu Ini

Telset.id, Jakarta – Chip terbaru dari Apple dengan teknologi fabrikasi 3nm akan mulai diproduksi secara massal pada minggu ini di TSMC. Produksi akan dilakukan di Fab 18 yang berlokasi di Taiwan Selatan.

Untuk diketahui, diproduksinya chip 3nm oleh TSMC sendiri akan menjadikan Apple sebagai yang pertama untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi mutakhir ini. Perusahaan asal Cupertino akan menggunakan itu pada berbagai perangkatnya, lapor DigiTimes.

BACA JUGA:

Laporan tersebut tampaknya sejalan dengan laporan sebelumnya yang menyatakan Apple akan segera memproduksi chip 3nm yang baru secara massal pada tahun 2022.

Apple sendiri tampaknya sudah berada di jalur yang tepat untuk memutakhirkan perangkat generasi berikutnya pada tahun 2023 mendatang dengan chip M2 Pro.

Perangkat generasi berikutnya yang akan ditenagai oleh chip M2 Pro, antara lain MacBook Pro dan Mac mini yang diperbarui.

Rumor menunjukkan bahwa TSMC akan mengadakan upacara di Taman Sains Taiwan Selatan pada tanggal 29 Desember untuk merayakan dimulainya produksi chip 3nm.

BACA JUGA:

Pada acara tersebut, pembuat chip asal China akan memberikan rincian mengenai rencana perusahaan untuk memperluas produksi silikon 3nm secara keseluruhan.

Laporan saat ini juga mengungkapkan bahwa raksasa teknologi asal Cupertino berencana untuk mengimplementasikan chip M2 Pro berdasarkan fabrikasi 3nm TSMC di perangkat MacBook 14 dan 16 yang akan datang. Selain itu, ada juga Mac Studio dan Mac mini.

Chip A17 Bionic untuk iPhone 15 yang akan datang dan chip M3 untuk Mac Studio juga kemungkinan besar akan diproduksi berdasarkan proses fabrikasi 3nm yang ditingkatkan dari TSMC. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0