telset

Thunderbolt 5 Bakal Tawarkan Kecepatan Transfer Data Hingga 80Gbps!

Telset.id, Jakarta – Thunderbolt 4 merupakan teknologi yang relatif baru. Namun ini tidak menghentikan Intel untuk mengembangkan generasi selanjutnya, yakni Thunderbolt 5.

Seperti dilansir dari TheVerge, Kamis (5/8/2021), informasi bahwa Intel tengah mengembangkan Thunderbolt 5 bocor dari sebuah tweet yang telah dihapus dari Eksekutif Intel, Gregory Bryant.

Kabarnya, teknologi Thunderbolt generasi berikutnya menawarkan kecepatan hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan Thunderbolt 4.

{Baca Juga: Intel Foundry Services Bakal Produksi Chip untuk Qualcomm}

Hal yang paling menonjol pada postingan tersebut adalah judul untuk “Teknologi 80G PHY”. Judul ini merujuk pada konektor fisik yang menawarkan koneksi 80Gbps, yang akan memiliki dua kali kecepatan yang ditawarkan oleh Thunderbolt 4 (yang maksimal pada 40Gbps).

Dengan transfer data secepat ini, tentu pengguna juga akan sangat terbantu ketika mengirim file-file yang berukuran sangat besar.

Intel juga masih mempertahankan teknologi USB Type C untuk teknologi Thunderbolt yang akan datang. Meskipun nantinya kabel, dock atau hub yang mendukung Thunderbolt 4 belum tentu juga dapat mendukung Thunderbolt 5.

{Baca Juga: Disukai Gamers, Ini Keunggulan Prosesor Desktop Intel “Rocket Lake-S”}

Meski demikian, untuk charger, memori penyimpanan eksternal dan dongle yang menggunakan USB Type C tetap bisa terkoneksi dengan port Thunderbolt 5. Hanya saja mungkin kecepatannya tidak bisa maksimal.

Faktor utama terakhir yang diungkapkan oleh postingan yang dihapus tersebut adalah bahwa teknologi konektivitas generasi berikutnya akan menggunakan “teknologi modulasi PAM-3”.

Singkatnya, ini adalah metode baru untuk mentransmisikan bit di sepanjang kabel yang memungkinkan bandwidth menjadi lebih tinggi daripada metode yang digunakan saat ini.

{Baca Juga: Prosesor Intel Core Seri H Gen-11 Meluncur, Ini Keunggulannya}

Sebagai pengingat, teknologi Thunderbolt 4 baru berusia sekitar satu tahun. Tentunya masih banyak yang harus dilakukan agar teknologi ini bisa digunakan secara lebih luas lagi.

Jadi kemungkinan besar teknologi Thunderbolt ini masih mungkin sangat lama memasuki pasar. Bisa saja masih beberapa tahun lagi sampai teknologi ini disempurnakan lebih baik oleh Intel.

Walaupun demikian, setidaknya kita bisa melihat atau mendapatkan sedikit gambaran dari teknologi konektivitas yang akan hadir di masa mendatang. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0