Gizmo

Telset Editor’s Choice 2020: Best Gaming Smartphone

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id – Smartphone gaming sedang menjadi tren. Semua vendor merilis seri ponselnya dengan “embel-embel” gaming. Lantas, manakah yang terbaik dan layak menyandang predikat Best Gaming Smartphone di ajang Telset Editor’s Choice 2020?

Seiring dengan makin banyaknya game mobile yang dirilis dengan gameplay yang kompleks dan grafis terbaik, membuat segmen smartphone gaming paling banyak menjadi perhatian penikmat gadget.

Alhasil, banyak vendor yang kini latah menyematkan ’embel-embel’ gaming pada ponsel mainstream buatan mereka. Mulai dari ponsel kelas menangah, hingga smartphone dengan spesifikasi gahar berpredikat “sultan”.

Meski tidak cukup serius me-declaire sebagai perangkat gaming, namun banyak vendor merilis HP gaming terbaik yang sudah dibekali fitur gaming cukup lengkap dan spesifikasi kelas atas untuk melibas semua game mobile saat ini.

Di tahun 2020 ini, ada empat kandidat yang masuk ke dalam nominasi Best Gaming Smartphone, pilihan tim redaksi Telset, yakni:

  • Asus ROG Phone 3
  • Poco F2 Pro
  • Realme X50 Pro
  • Black Shark 3.

Setelah mempertimbangkan beberapa poin penilaian, akhirnya seluruh tim redaksi Telset sepakat untuk memutuskan bahwa Asus ROG Phone 3 sebagai pemenang di kategori Best Gaming Smartphone versi Telset Editor’s Choice 2020.

Keberhasilan ini berarti Asus ROG Phone 3 melanjutkan “hegemoni seniornya” ROG Phone 2 yang sukses mengunci mahkota Best Gaming Smartphone versi Telset Editor’s Choice 2019 lalu.

{BACA: Review ASUS ROG Phone 3: Kinerja Gahar untuk Gamer Hardcore}

Smartphone gaming besutan Asus ini memang pantas jadi jawara di kategori paling “seksi” ini. Dari hasil review yang sudah kami lakukan ROG Phone 3 memiliki kinerja gahar, terutama untuk para gamer hardcore.

Kenapa Kami Memilih Asus ROG Phone 3?

Asus ROG Phone 3 (Faisal/Telset.id)

Smartphone gaming terbaik andalan Asus ini secara mutlak mengalahkan tiga kandidat lainnya. Seluruh tim redaksi tanpa berdebat memilih Asus ROG Phone 3 sebagai rajanya ponsel gaming di tahun 2020.

Meski ada beberapa parameter penilaian lainnya, tapi kami sepakat bahwa Asus ROG Phone 3 memiliki spesifikasi kelas atas yang sulit tertandingi. Selain itu, ponsel ini dibekali fitur gaming yang kompleks, dan juga aksesoris gaming yang sangat lengkap.

Asus ROG Phone 3 mengusung layar AMOLED berukuran 6,59 inci dengan resolusi Full HD+ yang sudah dilapisi Gorilla Glass 6. Layarnya juga mendukung refresh rate sampai 144Hz, touch sampling rate 270 Hz, touch latency 25ms, dan slide latency 18ms.

Bukan cuma itu, layar smartphone gaming ini pun sudah mendukung HDR10+, Widevine L1, dan sensor sidik jari dengan tingkat responsif yang tinggi.

{VIDEO: Sebulan Jadi Gamers! Review ROG PHONE 3: HP Gaming Terbaik}

Asus ROG Phone 3 sampai sekarang masih menjadi ponsel dengan performa paling kencang. Bagaimana tidak, smartphone tersebut ditopang oleh prosesor Snapdragon 865+ dengan clock-speed mencapai kecepatan 3.1 GHz.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 8GB/12GB LPDDR5, memori penyimpanan 128GB/256GB UFS 3.1, serta baterai berkapasitas 6,000 mAh dengan dukungan fast charging 30W.

Asus sangat fokus untuk mengembangkan fitur gaming pada ROG Phone 3. Buktinya, mereka mengembangkan sistem operasi ROG UI berbasis Android 10.

Meski tampilannya tak jauh beda dengan Android murni, namun ROG UI sangat kental dengan nuansa gaming, termasuk soal fiturnya. Ada fitur bernama Armoury Crate, X Mode, AirTriggers, Macro, dan lain sebagainya untuk meningkatkan pengalaman gaming pengguna.

{BACA: Uji Performa Asus ROG Phone 3: Benchmark Tembus 614 Ribu!}

Bak sebuah laptop gaming, Asus ROG Phone 3 pun dapat dipasangkan dengan berbagai aksesoris. Asus menyediakan banyak sekali perangkat pendukung untuk ROG Phone 3.

Sebut saja, ROG Clip, Lighting Armor Case dan ROG Phone 3 Screen Protector, AeroActive Cooler 3, ROG Kunai 3 Gamepad, Mobile Desktop Dock, sampai TwinView Dock 3.

Sekali lagi, selamat buat Asus karena ROG Phone 3 yang berhasil memenangkan predikat sebagai Best Gaming Smartphone versi Telset Editor’s Choice 2020. [Tim Redaksi]

Leave a Comment
Muhammad Faisal Hadi Putra