Sstt!! BlackBerry Mau Comeback Tahun Depan, Rilis Smartphone 5G

Telset.id, Jakarta  – Ada kabar menarik yang menyatakan bahwa BlackBerry berencana akan comeback atau hadir kembali pada 2021 dengan merilis smartphone 5G. BlackBerry mencapai kesepakatan dengan OnwardMobility.

BlackBerry pernah menjadi perangkat idola bagi pengguna di seluruh dunia. Kala itu, hampir semua orang mempunyai BlackBerry. Mereka senang dengan kehadiran keyboard QWERTY serta fitur percakapan BBM.

{Baca juga: Hari yang Dinanti Tiba, Selamat Tinggal BlackBerry Messenger!}

Sayang, beberapa tahun belakangan, popularitas BlackBerry pudar total. Produk baru BlackBerry pun kian jarang, bahkan berangsur menghilang. Padahal, masih ada tak sedikit pengguna yang menginginkannya.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Kamis (20/8/2020), BlackBerry berencana melakukan comeback pada tahun depan. BlackBerry bakal hadir dengan produk baru berupa smartphone 5G.

Semua berkat kesepatakan antara BlackBerry dengan perusahaan bernama OnwardMobility. Mereka telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan smartphone 5G BlackBerry baru pada paruh pertama tahun depan.

Perangkat baru BlackBerry akan dilengkapi dengan keyboard QWERTY serta dukungan konektivitas jaringan kelima. Sayang, selain soal jenis papan tombol dari konektivitas, tidak ada informasi lain soal spesifikasinya.

{Baca juga: BlackBerry Ogah Bikin Smartphone Layar Lipat}

Nama BlackBerry sebenarnya sempat harum di awal tahun 2000an, dan bahkan sempat menjadi pemimpin pasar smartphone dunia. Namun sayangnya hegemoni itu tidak bertahan lama, karena smartphone buatan pabrikan asal Kanada itu akhirnya kalah bersaing dengan Samsung dan iPhone.

Setelah sempat tenggelam, mimpi BlackBerry untuk bisa merajai pasar coba dihidupkan kembali oleh TCL. Perusahaan asal China membeli lisensi untuk memproduksi dan menjual smartphone dengan merek BlackBerry. Namun harapan itu pun layu sebelum berkembang. Penjualan smartphone BlackBerry dibawah TCL juga gagal total.

Masa depan BlackBerry semakin tidak jelas dan penuh tanda tanya. Pasalnya, TCL sebagai perusahaan yang memegang lisensi untuk memproduksi smartphone BlackBerry mengaku menyerah.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Selasa (4/2/2020), TCL akan mengakhiri penjualan BlackBerry pada 31 Agustus 2020, karena tidak lagi memiliki hak untuk merancang, membuat, atau menjualnya.

Sekadar informasi, BlackBerry meluncurkan perangkat terakhirnya pada 2016 lalu. BlackBerry yang dikembangkan oleh TCL termasuk BlackBerry Key2, yang memiliki papan tombol atau keyboard tradisional dan Motion semua layar sentuh.

{Baca juga: Menyerah! TCL Stop Jual BlackBerry Mulai Agustus 2020}

TCL menjual BlackBerry di mana saja, kecuali Indonesia, India, Sri Lanka, Nepal, dan Bangladesh. Perusahaan asal Kanada itu memiliki kesepakatan serupa dengan BB Merah Putih dan Optiemus Infracom untuk menjualnya di pasar tersebut.

Apakah BlackBerry akan mengulang kesuksesan bersama OnwardMobility dengan meluncurkan smartphone 5G pada 2021? Tidak ada yang menjamin tentang itu. Tapi, setidaknya, ada pengguna lama yang mungkin senang mendengar kabar rencana comeback-nya BlackBerry di tahun depan. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here